Jakarta (ANTARA News) -Sebanyak 230 relawan yang tergabung dalam Satgas Bhakti Kesetiakawanan Sosial (SBKS) pada hari ini, Jumat, telah menuntaskan tugas selama 24 hari melakukan safari ke pulau Waingapu, Solor, Wetar, Ambon, Haruku, Fakfak dan Pangkep Makassar.

Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufri memberikan apresiasi kepada SBKS yang melakukan misi kemanusiaan ke sejumlah pulau-pulau terluar Indonesia.

"Luar biasa, saya bangga dan memberikan apresiasi yang tinggi karena tidak mudah selama 24 hari meninggalkan keluarga untuk misi kemanusiaan," kata Mensos.

Upacara penyambutan dilakukan di hanggar helikopter KRI Banjarmasin yang sandar di dermaga Tanjung Priok Jakarta.

Di setiap lokasi, Satgas menyalurkan bantuan dan mendata berbagai permasalahan sosial yang ada untuk dicari solusinya.

"Kita akan tindak lanjuti permasalah-permasalahan yang ditemukan di daerah-daerah tersebut, seperti jika ada yang perlu bedah kampung dan masalah sosial lainnya," tambah Mensos.

Lebih lanjut Mensos mengatakan, Satgas SBKS merupakan bukti nyata bahwa para pemuda mempunyai semangat kesetiakawanan sosial yang luar biasa merupakan potensi mempercepat penanganan permasalahan sosial.

SBKS juga menjadi sarana membangun semangat kesetiakawanan sosial serta sebagai jembatan kedaulatan NKRI.

"Mudah-mudahan ke depan SBKS bisa rutin dilakukan dan tahun depan anggaran Kemensos meningkat terkait SBKS ini. Bahkan saya dengar sudah ada pihak-pihak swasta yang mau menyiapkan dana untuk bahan bakar KRI," tambah dia.

***4***

(T.D016/

(T.D016/B/N002/N002) 28-06-2013 12:27:12

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013