Jakarta (ANTARA) - Musisi Andien Aisyah membagikan pengalamannya sebagai orang tua dalam mengeratkan hubungan dengan dua anaknya Kawa dan Tabi yang kini sedang berada pada masa tumbuh kembang aktif.
 
“Aku sama anak-anak maksimalkan waktu bersama, penting banget untuk punya momen-momen menyenangkan bersama Kawa dan Tabi,” kata Andien saat ditemui dalam acara bincang-bincang di Jakarta, Rabu.
 
Menurut Andien, membuat memori indah bersama sang anak menjadi salah satu hal penting untuknya. Oleh karena itu, dia enggan mempekerjakan asisten untuk mengurus anak dan bersedia untuk bertanggung jawab penuh terhadap mereka.
 
“Aku kan nggak pakai asisten untuk urus anak, jadi, kadang mereka suka aku bawa kerja,” kata Andien.

Baca juga: Ingin cetak memori indah jadi alasan Andien hidup sehat
 
Tidak heran, anak-anak Andien menjadi sangat dekat dengannya dan tumbuh dengan baik di bawah pengawasannya. Dia pun membebaskan anak-anaknya untuk bermain atau berinteraksi dengan orang lain, selama kegiatan itu dilakukan sewajarnya dan tidak mengganggu waktu istirahat mereka.
 
“Aku membebaskan mereka untuk nyeker (tidak pakai alas kaki), main di luar. Menurutku, itu bagus untuk daya motorik mereka,” kata pelantun “Saat Bahagia” itu.
 
Andien menilai selama bisa melibatkan dia, anak-anak dan suami, serta menyenangkan, aktivitas itu bisa menjadi kenangan manis yang, dia berharap, bisa diingat terus oleh Kawa dan Tabi.
 
"Jadi, modal mereka menghadapi tantangan ke depan,” kata Andien.
 
Andien pun memiliki beberapa kiat untuk mengeratkan diri bersama sang anak dan membuat core memory positif untuk mereka. Dia mengaku sering berbincang bersama mereka sebelum tidur, seperti bertanya kondisi mereka hari itu atau pengalaman dan kejadian unik apa yang mereka alami dalam satu hari.
 
Tidak hanya itu, Andien juga menyesuaikan diri untuk mengeratkan hubungannya dengan sang anak. Untuk Kawa, Andien merasa anak pertamanya itu lebih terbuka terhadap orang lain dan aktif, sehingga Andien mendorong Kawa untuk lebih banyak berinteraksi dengan orang lain.

Sementara anak bungsunya Tabi, dia cenderung lebih diam dan memperhatikan orang lain. Andien sering menceritakan ondel-ondel karena Tabi sangat menyukai kesenian Betawi tersebut.
 
“Dia juga suka banget ondel-ondel, sebelum tidur kadang suka aku ceritain cerita yang ada ondel-ondelnya (sesuai kemauan Tabi), kayaknya mau jadi budayawan dia,” kata Andien.

Baca juga: Andien: Wawasan tentang gizi harus dimiliki wanita sebelum hamil 

Baca juga: Pertama kalinya, Kawa anak Andien ikut puasa

Baca juga: Ketahui pentingnya "core memory" pada anak

Pewarta: Vinny Shoffa Salma
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023