Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 15 Lembaga Amil Zakat (LAZ) menyerahkan bantuan kemanusiaan untuk rakyat Palestina dalam rapat kerja nasional (rakornas) bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI di Jakarta.

“Alhamdulillah ini adalah respons yang luar biasa, ada 15 LAZ yang secara spontan menyerahkan bantuan dalam acara ini,” kata Ketua Baznas RI Noor Achmad usai membuka Rakornas LAZ 2023 di Taman Impian Jaya Ancol di Jakarta, Rabu.

Ia mengatakan nominal yang disalurkan LAZ dari provinsi maupun kabupaten dan kota mulai dari Rp20 juta sampai dengan lebih dari Rp1 miliar.

“Artinya itulah unsur kemanusiaan yang ada di Indonesia yang dilakukan bersama-sama, sehingga saya menyampaikan terima kasih kepada semua LAZ yang sudah membantu,” ucapnya.

Bantuan tersebut, kata dia, telah menambah dana khusus bagi rakyat Palestina menjadi Rp5,9 miliar yang disalurkan oleh 37 LAZ.

"Alhamdulillah dengan tambahan 15 LAZ ini berarti sudah ada 37 LAZ yang mempercayakan bantuan untuk Palestina melalui Baznas. Total dana titipan bantuan dari LAZ-LAZ yang terkumpul sebesar Rp5,9 miliar. Ini akan kami salurkan ke Palestina," katanya.

Baca juga: Muhammadiyah: Pentingnya gencatan senjata agar bantuan bisa masuk Gaza

Ia mengatakan wilayah Palestina akan menghadapi musim dingin dalam waktu dekat. Oleh karena itu, bantuan kemanusiaan mendesak untuk dikirim kepada korban di Jalur Gaza, Palestina. "Di Palestina akan menghadapi musim dingin. Ini tentu menjadi ujian yang berat bagi rakyat Palestina yang sampai saat ini terus mendapat serangan dari Israel," ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Eksekutif LAZ Pesantren Al Azhar, Muhammad Hasan, yang turut serta menyerahkan bantuan dalam rakornas itu, menyampaikan terima kasih kepada Baznas karena telah mewadahi bantuan kemanusiaan dari sejumlah LAZ di Indonesia.

"Ini menjadi momentum bersejarah, di mana kami semua berkumpul di sini salah satunya adalah untuk membantu saudara-saudara di Palestina,” katanya.

Bantuan dari Indonesia yang terus mengalir, kata dia, wujud solidaritas terhadap sesama.

"Tadi disampaikan bahwa di Palestina akan menghadapi musim dingin. Kami berharap lewat bantuan yang disalurkan melalui Baznas bisa bermanfaat dan sedikit meringankan beban rakyat Palestina,” ucap dia.

Baca juga: Bantuan untuk Palestina sudah lampaui target Rp50 miliar
Baca juga: Baznas kirim 50 ton bantuan ke Palestina dengan kapal TNI AL

 

Pewarta: Cahya Sari
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2023