Dalam estimasi hitungannya, tidak kurang dari Rp300 miliar yang telah disalurkan dari dana zakat, namun hal tersebut belum terlihat dampaknya dalam pemberian beasiswa
Jakarta (ANTARA) -
Kementerian Agama (Kemenag) bersama Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) menggelar rapat koordinasi (rakor) untuk mematangkan persiapan gelaran Zakat Impact Forum 2024 yang akan digelar Februari ini.
 
Zakat Impact Forum merupakan forum bersama Kemenag dengan Bappenas yang akan dihadiri BAZNAS dan Lembaga Amil Zakat (LAZ). Forum tersebut dibentuk untuk melihat pengaruh dana zakat, infak, sedekah, dan dana sosial keagamaan lainnya.
 
"Kegiatan itu untuk mendukung pembangunan nasional dan SDGs, terutama berkaitan dengan pendidikan, ekonomi, dan kesehatan," ujar Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kemenag Waryono Abdul Ghafur dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.
 
Waryono mengatakan Kemenag telah menginisiasi pemetaan konsolidasi program beasiswa yang disalurkan oleh BAZNAS dan LAZ sejauh ini.

Baca juga: Kemenag ingatkan OPZ agar buat program zakat produktif
 
"Dalam estimasi hitungannya, tidak kurang dari Rp300 miliar yang telah disalurkan dari dana zakat, namun hal tersebut belum terlihat dampaknya dalam pemberian beasiswa," kata dia.
 
Menurutnya, dana zakat untuk beasiswa pendidikan tersebut perlu dikelola atau dijahit bersama oleh BAZNAS dan LAZ.
 
Sementara itu,Deputi Bidang Pembangunan Manusia, Masyarakat, dan Kebudayaan, Bappenas Amich Alhumami menyampaikan Zakat Impact Forum merupakan momentum untuk merespon pertumbuhan dana sosial keagamaan.
 
"Forum nasional ini sifatnya memfasilitasi dan menunjukkan bahwa semua pihak selama ini sudah berperan dalam pengelolaan zakat. Manfaatnya sudah dirasakan langsung oleh masyarakat," kata Amich Alhumami.

Baca juga: Forum CEO OPZ perkuat ekosistem zakat untuk Indonesia Emas 2045
Baca juga: Forum Zakat perbanyak program berorientasi pengentasan orang miskin

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024