Pekanbaru (ANTARA News) - Anggota Komisi VII DPR RI Andi Rachman mendesak PLN khususnya di wilayah Riau dan Kepulauan Riau untuk mengamankan pasokan listrik sehingga tidak terjadi pemadaman bergilir selama Ramadhan.

"Ramadhan adalah bulan baik bagi masyarakat di Riau yang mayoritas berpenduduk muslim. PLN harus mengerti dengan tidak lagi melakukan pemadaman bergilir pada malam hari," ujarnya saat dihubungi Antara melalui telepon seluler dari Pekanbaru, Jumat.

Andi yang duduk di komisi yang membidangi energi, sumber daya mineral, riset dan teknologi serta lingkungan itu mengatakan PLN Wilayah Riau dan Kepulauan Riau (WRKR) bisa saja dengan menggunakan pembangkit diesel selama 30 malam untuk melayani kebutuhan masyarakat.

Berdasarkan informasi yang diterima pihaknya, lajut dia, dari bulan Maret 2013 sampai hari ini pemadaman bergilir masih terus terjadi di Riau terutama pada malam hari di waktu beban puncak dari pukul 16.00 sampai 22.00 WIB.

Pemadaman terjadi karena Pembangkit Listrik Tenaga Uap Ombilin yang berada di Kota Sawahlunto, Sumatera Barat, dan memiliki kapasitas 2x100 Mega Watt masih bermasalah. Riau tergabung dalam sistem interkoneksi Sumatera Bagian Tengah.

"Ombilin satu sudah mulai bagus dan tinggal Ombilin dua yang masih mengalami gangguan. Kami akan terus memonitor kinerja PLN terutama untuk sistem Sumatera Bagian Tengah," ucapnya.

Pewarta: Muhammad Said
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013