Jakarta (ANTARA) - Kelurahan di Jakarta Pusat mengaktifkan Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling) dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.
 
Salah satu pengaktifan Siskamling dilakukan di Kelurahan Cempa Putih Barat, Jakarta Pusat.
"Kita akan aktifkan kembali siskamling di Kelurahan Cempa Putih Barat mulai dari RW 01 hingga RW 13", kata Sekretaris Kecamatan Cempaka Putih Dodi Kurnia di Jakarta, Kamis.
 
Siskamling ini, kata Dodi, diaktifkan pada malam hari dengan jadwal piket bergantian di tiap RT untuk lebih memastikan Pemilu 2024 di wilayah tersebut berjalan damai dan tertib.
 
Pihaknya sudah berkoordinasi dengan para ketua RW untuk melaksanakan piket-piket tentang siskamling ini sendiri. "Contohnya membuat jadwal piket dari hari Senin sampai Minggu bergilir dari tiap RT dan nantinya akan dilakukan siskamling setiap malam," kata Dodi.

Baca juga: KPU Jakarta Pusat terima dua ribu kotak suara untuk Pemilu 2024
 
Lurah Cempaka Putih Barat Annisa Titisunda menyebutkan, pihaknya terus melakukan sosialisasi pengamanan Pemilu 2024 kepada seluruh RT, RW dan warga setempat. Seperti sosialisasi yang berlangsung di Aula Lantai 2 Kantor Lurah Cempaka Putih Barat pada Rabu (15/11).
 
Pertemuan kemarin, kata Annisa, menjadi langkah awal untuk mengajak masyarakat ikut berkontribusi dan aktif dalam menjaga lingkungan.
 
"Kita lakukan sosialisasi dan pemahaman serta menyamakan persepsi bahwa menjaga ketertiban wilayah adalah kewajiban bersama", kata Annisa.
 
Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Kelurahan Cempaka Putih Barat A. Dirga menjelaskan, Siskamling bukan hanya berfungsi menjaga lingkungan menjelang pemilu, namun juga menjaga anak-anak remaja agar tidak tawuran.
 
"Saya minta kepada para ketua RW untuk mendata anak-anak remaja yang memiliki sifat kurang baik agar kita bisa memberikan edukasi terhadap anak tersebut", ujarnya.

Baca juga: DKI diminta tambah CCTV demi keamanan jelang Pemilu 2024
 
Terkait pemilu, Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat telah berkolaborasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar koordinasi dan sosialisasi peraturan kampanye Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di kantor wali kota setempat, Selasa (7/11).
 
Sosialisasi ini merupakan tahapan yang penting karena pada 28 November-Februari 2024 sudah dalam tahapan kampanye.
 
"Kunci utama adalah menyamakan persepsi ini masa-masa krusial. Menurut saya sosialisasi ini sebagai salah satu upaya untuk sama-sama menjaga supaya penyelenggaraan kampanye bisa berjalan lancar," kata Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma.
 
Sosialisasi ini juga menjadi acuan standar penyelenggaraan kampanye termasuk membahas kesamaan persepsi dari semua unsur penyelenggara kampanye yang akan menjadi kunci utama.

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023