Paris (ANTARA) - Menteri Luar Negeri Prancis Catherine Colonna menyatakan telah memperingatkan Menlu Iran Hossein Amirabdollahian pada Kamis (16/11) bahwa Teheran akan memikul tanggung jawab yang berat jika konflik di Gaza menyebar ke seluruh wilayah.

"Pertemuan hari ini dengan mitra saya dari Iran adalah dalam bentuk peringatan: perluasan konflik saat ini di Gaza tidak akan menguntungkan siapa pun, dan Iran akan memikul tanggung jawab yang berat," kata Catherine Colonna setelah pertemuan tatap muka di Jenewa dengan Hossein Amirabdollahian.

Percakapan tersebut adalah yang terbaru antara para pejabat Prancis dan Iran ketika Paris berupaya meredakan ketegangan antara Israel dan Hizbullah yang didukung Iran.

Hubungan antara Prancis dan Iran juga tegang dalam beberapa bulan terakhir karena apa yang dikatakan Paris sebagai penangkapan sewenang-wenang terhadap empat warga negaranya.

Prancis menilai penangkapan tersebut setara dengan penyanderaan oleh pihak negara.

"Menteri akhirnya menyerukan pembebasan segera empat warga negara Prancis yang masih ditahan secara sewenang-wenang di Iran dan situasinya sangat mengkhawatirkan," kata kantor Kemenlu Prancis dalam pernyataan terpisah mengenai pertemuan tersebut.

Sumber: Reuters
Baca juga: Prancis 'khawatir' dengan uji coba rudal balistik terbaru Iran
Baca juga: Prancis sebut warganya ditangkap Iran lagi, sanksi EU siap berlaku
Baca juga: Prancis desak warganya segera tinggalkan Iran

Penerjemah: M Razi Rahman
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2023