Paris (ANTARA) - Pemberontak yang dilakukan tentara bayaran Wagner terhadap Kremlin menunjukkan rapuhnya internal Rusia, kata Menteri Luar Negeri Prancis Catherine Colonna.

"Pemberontakan ini telah menyingkapkan konflik, keretakan, perpecahan, dan bahkan kelemahan internal Rusia," kata Colonna dalam konferensi pers di Paris bersama para menteri luar negeri Estonia, Latvia, dan Lituania.

Namun, Colonna tidak berani mengambil kesimpulan dari perselisihan tersebut, dengan menyatakan dia harus menganalisis situasi itu terlebih dahulu.

Dia menegaskan kembali dukungan Prancis kepada Ukraina dan menyambut paket sanksi ke-11 Uni Eropa terhadap Rusia.

Menteri Luar Negeri Latvia Edgars Rinkevics mengatakan masih terlalu dini untuk menganalisis situasi dan dampak langkah Wagner di Rusia.

Menurut Menteri Luar Negeri Estonia Margus Tsahkna, negara-negara Baltik harus mengedepankan langkah-langkah memperkuat kapasitas pertahanannya maripada mengurusi masalah dalam negeri Rusia.

Namun, Menteri Luar Negeri Lithuania Gabrielus Landsbergis mencermati bahwa perkembangan yang terjadi di Rusia akhir pekan lalu telah menunjukkan betapa cepatnya ancaman yang ditimbulkan Moskow terhadap negara-negara tetangganya.

Baca juga: Jika Rusia runtuh, 'kami semua akan mati', kata Presiden Belarus

Perselisihan antara Wagner dan Kremlin terjadi ketika Wagner menuding Kementerian Pertahanan Rusia  menyerang petempur-petempurnya.

Pemimpin Wagner, Yevgeny Prigozhin, pun memerintahkan pasukannya untuk melintasi perbatasan Ukraina-Rusia menuju  kota Rostov-on-Don di Rusia, dan mengerahkan kelompok tentara bayaran itu bergerak menuju Moskow.

Badan Keamanan Federal Rusia (FSB) mengatakan tindakan Wagner adalah "pemberontakan bersenjata". Mereka membuka kasus kriminal terhadap Prigozhin.

Akan tetapi sebelum tiba di Moskow, Prigozhin dan para petempurnya memutuskan mundur "untuk menghindari pertumpahan darah".

Pada Senin (26/6), Prigozhin mengklaim tidak berencana  menggulingkan pemerintah Rusia karena hanya ingin "menyuarakan protes" dan mencegah tentara bayarannya dibubarkan.

Dia mengatakan Kementerian Pertahanan Rusia berencana menandatangani kontrak dengan semua petempur Wagner pada 1 Juli.

Langkah itu bakal menjadikan Wagner menjadi bagian tentara reguler Rusia yang dinilainya "bakal  menghancurkan kemampuan tempur pasukan ini."

Baca juga: Putin sanjung pasukannya karena berhasil cegah perang saudara di Rusia

Sumber: Anadolu

Penerjemah: Shofi Ayudiana
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2023