Jakarta (ANTARA) - Asisten Menteri Luar Negeri Amerika Serikat untuk Urusan Asia Timur dan Pasifik Daniel Kritenbrink mengatakan pertemuan tingkat tinggi Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) di San Fransisco pada Kamis waktu setempat menegaskan komitmen bersama dalam mempromosikan perdagangan dan investasi yang bebas, adil dan terbuka di seluruh kawasan.

"Ini juga sekaligus untuk memajukan pertumbuhan yang inklusif dan berkelanjutan," kata Kritenbrink dalam konferensi pers digital terkait APEC dan Pertemuan Bilateral President Joe Biden-Presiden China Xi Jinping, yang dipantau dari Jakarta, Jumat.

Dengan mengangkat tema "Menciptakan Masa Depan Tangguh dan Berkelanjutan untuk Semua", APEC tahun ini digelar dengan harapan mengupayakan masa depan yang tangguh dan berkelanjutan bagi seluruh anggotanya di masa mendatang.

Kritenbrink menyebutkan dalam forum tersebut, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken menekankan agenda ekonomi yang positif bersama rekan-rekannya di seluruh kawasan, selain terus mendorong agenda tersebut di berbagai forum ekonomi internasional.

Baca juga: Presiden hadiri sejumlah pertemuan di KTT APEC

Blinken juga menekankan komitmen AS terhadap kawasan dan mendorong upaya memperkuat kemitraan dengan seluruh anggota kawasan Indo-Pasifik di tengah tantangan besar di seluruh dunia.

"Dalam menghadapi tantangan yang belum baru kali ini di seluruh dunia, komitmen dan fokus kami terhadap kawasan ini semakin kuat," kata Kritenbrink.

Kritenbrink mengatakan bahwa dalam forum itu Blinken menekankan keyakinan AS terhadap visi komunitas Asia-Pasifik yang terbuka, dinamis, tangguh dan damai, di mana perekonomian negara bebas memilih jalan dan mitranya sendiri.

"Semua masalah ditangani secara terbuka, sementara peraturan dibuat secara transparan dan diterapkan secara adil," kata Kritenbrink.

Kritenbrink menyebutkan Presiden dan Wakil Presiden AS antusias menyambut para pemimpin ekonomi APEC di San Francisco. Keduanya menyoroti hubungan ekonomi jangka panjang AS dengan negara-negara Asia-Pasifik dan Indo-Pasifik.

Baca juga: Pertemuan Pemimpin Ekonomi APEC fokus pada masa depan berkelanjutan

Pewarta: Katriana
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2023