Festival Angkringan ini juga dimeriahkan dengan berbagai agenda dan hiburan, seperti senam 'Sleman Bangkit'....
Sleman (ANTARA) - Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, menggelar Festival Angkringan 2023 di halaman parkir Pasar Prambanan pada 17 hingga 19 November.

Penyelenggaraan kegiatan itu sebagai upaya mendukung  Gerakan Meramaikan Pasar Rakyat (Gempar) di Kabupaten Sleman.

Festival Angkringan 2023 dibuka secara langsung oleh Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa, Jumat.

Baca juga: Pemuteran Bay Festival 2023 padukan keindahan dan konservasi alam

Sekretaris Disperindag Kabupaten Sleman Tina Hastani mengatakan, kegiatan ini diadakan selama tiga hari mulai 17 sampai 19 November 2023, mulai pukul 15.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB.

"Festival Angkringan ini juga dimeriahkan dengan berbagai agenda dan hiburan, seperti senam 'Sleman Bangkit' dan fashion show batik yang diikuti oleh pedagang Pasar Prambanan, kesenian jathilan, aneka tarian, musik dan lomba mewarnai," katanya.

Menurut dia, festival ini diikuti 10 tenan gerobak angkringan milik warga Sleman dan diutamakan bagi pedagang Pasar Prambanan, dua tenant jajan pasar dari paguyuban pedagang Pasar Prambanan serta 15 peserta UMKM Kabupaten Sleman.

Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa menyambut baik Festival Angkringan ini, dan berharap festival ini dapat meningkatkan jumlah pengunjung di Pasar Prambanan, serta meningkatkan perekonomian para pedagang yang ada di tempat tersebut.

"Pasar Prambanan yang merupakan pasar Tipe A terbesar di Kabupaten Sleman ini jangan sampai pengunjungnya semakin berkurang. Maka masyarakat di sekitar sini, bahkan di perbatasan Klaten, silakan setiap hari berbelanja di Pasar Prambanan ini," katanya.

Baca juga: FTBI 2023 tingkat Jabar-Banten menguatkan asa lestarikan bahasa Sunda

Ia mengapresiasi Disperindag Kabupaten Sleman yang telah menginisiasi Festival Angkringan ini, terlebih menurutnya angkringan memiliki tempat yang spesial di hati masyarakat Kabupaten Sleman.

"Angkringan bukan sekadar menjual makanan dan minuman, namun juga menjadi tempat untuk saling bertemu, diskusi, dan bertukar cerita," katanya.
 

Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023