Kami terus melakukan promosi dan sosialisasi agar keberadaan pasar transit Sidokarto ini.
Sleman (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta gencar melakukan promosi di lokasi pasar transit Sidokarto Godean untuk mensosialisasikan pasar sementara bagi pedagang Pasar Godean yang sedang direvitalisasi.

"Kami terus melakukan promosi dan sosialisasi agar keberadaan pasar transit Sidokarto ini diketahui masyarakat luas, sehingga dapat meningkatkan pengunjung pasar," kata Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo, di Sleman, Minggu.

Menurut dia, pasar transit di Sidokarto ini merupakan salah satu fasilitas bagi para pedagang yang sebelumnya menempati Pasar Godean yang saat ini dilakukan revitalisasi oleh Kementerian PUPR RI.

"Lokasi transit ini bersifat sementara sampai Mei 2023, kemudian para pedagang akan menempati Pasar Relokasi yang bertempat di Dusun Berjo Kulon, Kalurahan Sidoluhur, Godean," katanya pula.

Ia mengatakan, Pemkab Sleman berkomitmen untuk menyediakan tempat transit yang memadai, aman, dan nyaman bagi para pedagang dan pengunjung pasar.

"Berbagai upaya kami lakukan untuk meningkatkan pengunjung di pasar transit ini, selain memperbaiki dan meningkatkan kualitas sarana prasarana, kami juga menggelar berbagai kegiatan di sana seperti senam bersama dan program borong-bareng," katanya lagi.

Kustini mengatakan, kegiatan tersebut sebagai upaya mempromosikan dan mempublikasikan pasar transit Sidokarto, juga diharapkan dapat memotivasi para pedagang di pasar transit Sidokarto dan mendorong konsumsi produk lokal.

"Kami harapkan masyarakat untuk berbelanja di pasar tradisional, salah satunya di pasar transit Sidokarto sebagai upaya bersama meningkatkan kesejahteraan para pedagang pasar dan mendukung produk lokal," kata dia pula.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Sleman menyatakan upaya meningkatkan kunjungan ke pasar tradisional juga dilakukan melalui Gerakan Meramaikan Pasar (Gempar) yang saat ini tengah digalakkan Pemkab Sleman.

"Selain borong bareng, berbagai upaya lain telah dilakukan Disperindag sebagai upaya meningkatkan kunjungan di pasar tradisional," katanya.

Ia menambahkan, upaya tersebut antara lain bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Sleman untuk memberikan edukasi dini kepada anak didik PAUD dan TK dalam kegiatan market day.

"Kami juga berkolaborasi dengan influencer untuk memperkenalkan pasar tradisional dan pasar transit Sidokarto serta mempromosikan pasar tradisional dan pasar transit Sidokarto melalui media sosial," katanya lagi.

Dia mengatakan, upaya bersama yang telah dilakukan tersebut diharapkan dapat secara nyata membantu promosi pasar tradisional untuk meningkatkan kunjungan masyarakat ke pasar tradisional.

"Khususnya di pasar transit Sidokarto, sehingga dapat meningkatkan pendapatan para pedagang," katanya pula.
Baca juga: Direvitalisasi, lomba desain Pasar Godean diikuti peserta mancanegara
Baca juga: Bupati Sleman sebut Pasar Godean akan dilengkapi taman terbuka hijau

Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023