Pemkab Sleman telah menyiapkan berbagai fasilitas untuk menunjang kegiatan para pedagang di Pasar Relokasi
Sleman (ANTARA) - Ribuan Pedagang Pasar Godean, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta melaksanakan prosesi Kirab Boyongan dari pasar transit menuju pasar relokasi sebagai salah satu rangkaian pindahan selama revitalisasi Pasar Godean utama, Sabtu.

Sebanyak 1.837 pedagang di Pasar Godean akan menempati fasilitas Pasar Relokasi di Dusun Berjo Kalurahan Sidoluhur, Godean mulai 12 Juni 2023.

Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa yang hadir pada prosesi Kirab Boyongan tersebut mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Sleman berupaya memberikan fasilitas memadai bagi para pedagang sebagai komitmen menciptakan suasana pasar yang aman dan nyaman.

"Dalam proses revitalisasi Pasar Godean, Pemkab Sleman telah membangun Pasar Relokasi Sidoluhur dengan tujuan menyatukan kembali pedagang Pasar Godean di satu lokasi yang sama dengan harapan, para pedagang dapat kembali guyub melakukan aktivitas dengan lebih nyaman," katanya.

Baca juga: Sleman dukung budi daya padi beras merah

Dalam kesempatan tersebut Danang juga mengimbau kepada para pedagang untuk dapat mendukung dan mengikuti proses pemindahan dari pasar transit ke Pasar Relokasi Godean sebelum 16 Juni 2023.

"Pemkab Sleman telah menyiapkan berbagai fasilitas untuk menunjang kegiatan para pedagang di Pasar Relokasi. Beberapa fasilitas tersebut yaitu kios dan tlasaran yang cukup lega, mushalla, kamar mandi, Kantor UPTD dan tempat pembuangan sampah yang memadai," katanya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Sleman Mae Rusmi mengatakan bahwa serangkaian agenda pindahan pedagang Pasar Godean telah dilaksanakan, salah satunya Kirab Boyongan pedagang Pasar Godean ke Pasar Relokasi.

Ia mengatakan para pedagang telah mendapatkan lapak sesuai dengan undian yang diikuti oleh para pedagang pada 16 sampai 29 Mei 2023, sehingga setiap pedagang sudah mengetahui lapaknya masing-masing saat melakukan pindahan.

"Disperindag Sleman menyediakan sarana angkutan terdiri dari dua unit truck dan empat unit pickup beserta tenaga angkat junjungan yang dapat dimanfaatkan secara gratis oleh para pedagang untuk mendukung proses pindahan," katanya.

Baca juga: Bupati Sleman kukuhkan petani milenial Caturharjo

Baca juga: Festival Van Der Wijck berhasil masuk agenda Kharisma Event Nusantara

 

Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023