Memasuki musim pancaroba yaitu peralihan dari musim kemarau ke musim hujan memang memungkinkan terjadinya fenomena hujan butiran es tersebut
Palembang (ANTARA) -
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) mengungkapkan fenomena hujan es di Kota Palembang akibat musim pancaroba di wilayah itu.
 
Fenomena hujan butiran es tersebut viral dan memenuhi layar beranda di media sosial Instagram dan WhatsApp warga Kota Palembang, Jumat.
 
"Min, min, min, hujan es min di Palembang," kata seseorang di video fenomena hujan es tersebut.
 
Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang Sinta Andayani di Palembang, Jumat, mengatakan fenomena alam hujan es terjadi di Kota Palembang itu terjadi akibat musim pancaroba yang sedang terjadi saat ini.

Baca juga: Siklon tropis 17W berpotensi picu hujan es di bagian timur Indonesia
 
"Memasuki musim pancaroba yaitu peralihan dari musim kemarau ke musim hujan memang memungkinkan terjadinya fenomena hujan butiran es tersebut," kata Sinta.
 
Ia menambahkan bahwa warga Sumatera Selatan harus mewaspadai fenomena musim pancaroba
 
"Hujan deras, angin kencang, puting beliung, kilat, petir, hingga fenomena hujan es, bisa terjadi akibat musim pancaroba ini," jelasnya.
 
Ia menambahkan wilayah paling berpotensi cuaca ekstrem belum bisa diprediksi. Namun tidak menutup kemungkinan seluruh wilayah Sumsel bisa terjadi cuaca ekstrem yang menimbulkan bencana. Karena warga diminta waspada dengan melihat indikasi cuaca ekstrem berupa awan tebal seperti awan colomunimbus.

Baca juga: BMKG imbau masyarakat waspada cuaca ekstrem di masa pancaroba
Baca juga: BPBD: Sragen alami hujan es, 137 rumah rusak ringan hingga berat

Pewarta: M. Imam Pramana
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023