Program edukasi dan layanan kesehatan gratis yang bekerja sama dengan Yayasan Hasnur Centre ini merupakan wujud kepedulian sosial dan komitmen PT Hasnur Internasional Shipping Tbk dalam mengimplementasikan praktik bisnis berkelanjutan yang mengedepan
Jakarta (ANTARA) - PT Hasnur Internasional Shipping Tbk (HIS), perseroan penyedia jasa logistik dan transportasi laut, menggandeng Yayasan Hasnur Centre untuk memberikan edukasi dan layanan kesehatan gratis kepada warga Desa Sungai Salai, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan, yang termasuk ke dalam wilayah operasi HIS.

Langkah itu merupakan implementasi dari praktik bisnis berkelanjutan, salah satunya dengan menjalankan program tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR) untuk membantu mewujudkan tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB) atau sustainable development goals (SDGs).

"Program edukasi dan layanan kesehatan gratis yang bekerja sama dengan Yayasan Hasnur Centre ini merupakan wujud kepedulian sosial dan komitmen PT Hasnur Internasional Shipping Tbk dalam mengimplementasikan praktik bisnis berkelanjutan yang mengedepankan operational excellence dan kepedulian terhadap lingkungan sekitar," kata HCGS & Business Development Director HIS Rahmad Pudjotomo dalam keterangan di Jakarta, Jumat.

Layanan pemeriksaan kesehatan gratis yang diberikan, yaitu pemeriksaan tekanan darah, kadar gula darah, kolesterol, asam urat, dan pemberian obat-obatan.

Selain itu, layanan edukasi kesehatan yang diberikan, yakni edukasi hidup bersih dengan cuci tangan dan gosok gigi, edukasi bahaya merokok, edukasi bebas stunting, edukasi kesehatan reproduksi, dan senam sehat.

Untuk memberi kemudahan bagi warga, kegiatan edukasi dan layanan kesehatan gratis itu dilaksanakan di Balai Desa dan SD Negeri Sungai Salai.

Lebih lanjut, Rahmad menuturkan program CSR di bidang kesehatan tersebut merupakan bentuk kontribusi HIS untuk membantu mewujudkan tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB) ketiga, yaitu kehidupan sehat dan sejahtera bagi semua orang di segala usia.

Sementara itu, Koordinator Bidang Sosial, Keagamaan, dan Kepemudaan Yayasan Hasnur Centre Wawan Prasetyo mengatakan program kolaborasi dengan HIS dengan tema "Menciptakan Pola Hidup Sehat Masyarakat Melalui Edukasi Kesadaran Masyarakat" itu bertujuan untuk mengedukasi masyarakat mulai dari anak-anak, remaja, pemuda hingga lansia untuk terus peduli pada kesehatan diri dan lingkungan.

"Program bulan kesehatan ini merupakan program yang dikolaborasikan Yayasan Hasnur Centre selaku CSR Hasnur Group berkolaborasi dengan PT Hasnur Internasional Shipping Tbk yang mana disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat," ucap Wawan.

Selain itu, program itu didedikasikan agar masyarakat mampu mengakses layanan kesehatan dengan mudah dan rutin. Selain pemeriksaan kesehatan gratis, juga diselenggarakan berbagai edukasi untuk anak, remaja hingga pemuda.

"Besar harapannya program ini dapat ditularkan ke berbagai daerah lainnya sehingga semakin banyak masyarakat yang merasakan dampaknya,” ujarnya.

Dalam rangka menjalankan praktik bisnis yang berkelanjutan, HIS berupaya memperhatikan dan memenuhi kepentingan dan harapan bersama para pemangku kepentingan perusahaan, terutama masyarakat di sekitar wilayah operasional perusahaan melalui pelaksanaan program-program yang sesuai dengan tujuan pembangunan berkelanjutan atau SDGs.

Baca juga: Hasnur Internasional Shipping tambah armada kapal tunda dan tongkang

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023