George Brown meninggal 16 November 2023 di Los Angeles setelah berjuang melawan kanker
Jakarta (ANTARA) - Penggebuk drum kelompok musik soul and funk Kool & the Gang yaitu George "Funky" Brown tutup usia pada usia 74 tahun setelah berjuang melawan penyakit kanker paru-paru sejak tiga tahun silam.

Perwakilan dari pihak Kool & the Gang mengeluarkan pernyataan yang mengumumkan berita tersebut pada Sabtu (18/11) dan mengungkapkan bahwa Brown meninggal pada 16 November setelah melalui perjuangan panjang melawan kanker. Brown dilaporkan didiagnosis menderita kanker paru-paru sejak tiga tahun lalu.

"George Brown meninggal 16 November 2023 di Los Angeles setelah berjuang melawan kanker. Brown ikut menulis banyak lagu ikonik band, termasuk 'Ladies Night', 'Too Hot,' 'Jungle Boogie,' 'Celebration,' dan 'Cherish.' Ketika diminta menjelaskan musiknya, Brown selalu menjawab, 'suara-suara kebahagiaan'," tulis pernyataan tersebut seperti dikutip dari NME, Minggu (19/11) waktu setempat.

Baca juga: Pemain keyboard "Depeche Mode" Andrew Fletcher meninggal dunia

Sejumlah musisi memberikan penghormatan terkait berpulangnya salah satu pendiri Kool & the Gang itu lewat media sosial, salah satunya dari musisi-produser Nile Rodgers. Di akun X, Nile menuliskan kalimat belasungkawa atas kepergian Funky Brown.

"#RIPGeorgeBrown, penulis lagu-lagu Hall of Fame, drummer legendaris Kool & The Gang, dan teman. Belasungkawa yang tulus disampaikan untuk keluarga, teman, dan penggemar funk," tulis Nile Rodgers.

Funky Brown meninggalkan istri dan lima anaknya. Selama hampir 50 tahun bergabung dengan band, Funky Brown bermain drum, keyboard, dan menyumbangkan vokal latar. Dia juga salah satu penulis lagu utama grup tersebut.

Meski menderita kanker, Funky Brown masih berkontribusi pada album terbaru Kool & the Gang bertajuk "People Just Wanna Have Fun" yang dirilis pada bulan Juli lalu. Pada bulan yang sama, Brown juga menerbitkan memoar "Too Hot: Kool & the Gang & Me."

Baca juga: Ronald Bell, musisi muslim pendiri Kool & the Gang meninggal dunia

Baca juga: Musisi Jimmy Buffett meninggal karena kanker kulit sel merkel

Baca juga: Penyanyi asal Irlandia Sinead O'Connor meninggal di usia 56 tahun

Penerjemah: Ahmad Faishal Adnan
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023