Jakarta (ANTARA) - Timnas Burkina Faso pulang dari turnamen Piala Dunia U-17 dengan kepala tegak setelah mengalahkan Korea Selatan 2-1 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Sabtu malam.

Pelatih Burkina Faso Brahima Traore menjelaskan anak-anak asuhnya telah berjuang dengan sangat baik dan menutup babak penyisihan Grup E dengan kemenangan.

"Saya akan mengingat betapa kerasnya tim saya berjuang. Tim saya mampu berjuang untuk mendapatkan poin, mereka selalu bangkit di saat-saat buruk. Saya hanya bisa mengucapkan selamat kepada anak-anak itu," ujar Traore, dikutip dari laman resmi FIFA, Minggu.

Ini menjadi kemenangan pertama Burkina Faso dalam 14 terakhir pada ajang Piala Dunia U-17 setelah sebenarnya terakhir kali meraih kemenangan pada 31 Oktober 2009 silam.

Baca juga: Burkina Faso ukir kemenangan perdana di Piala Dunia U-17 2023

Pada Piala Dunia U-17 2009 yang digelar di Nigeria, Burkina Faso dapat meraih kemenangan 4-1 atas Kosta Rika pada pertandingan penyisihan Grup D di Stadion Nnamdi Azikiwe, Ndugu.

Selanjutnya pada Piala Dunia U-17 2011, Burkina Faso tercatat sama sekali tak merasakan kemenangan dan berakhir menjadi posisi juru kunci Grup D.

Setelahnya pada lima turnamen Piala Dunia U-17 selanjutnya, Burkina Faso tak lolos ke putaran final dan baru bisa kembali berlaga tahun ini.

Pada turnamen Piala Dunia U-17 2023, Burkina Faso harus puas menempati posisi ketiga Grup E dengan raihan tiga poin dari tiga pertandingan.

Meski menempati posisi ketiga, Burkina Faso gagal melaju ke babak 16 besar Piala Dunia U-17 2023, setelah gagal bersaing pada peringkat ketiga terbaik di bawah Iran, Jepang, Uzbekistan dan Venezuela.

Baca juga: Daftar negara-negara yang lolos ke babak 16 besar Piala Dunia U-17
Baca juga: Prancis tatap 16 besar Piala Dunia U-17 dengan pertahanan terbaik

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023