Belitung, Babel (ANTARA) - Perusahaan Listrik Negara Unit Induk Wilayah Kepulauan Bangka Belitung menyalurkan bantuan tempat sampah untuk mendukung program pemerintah dalam meningkatkan pembangunan pariwisata di Pantai Tanjungpendam, Belitung.

"Program tanggung jawab sosial dan lingkungan ini merupakan bentuk nyata dari perusahaan untuk pariwisata di daerah sekaligus upaya kita dalam meningkatkan kesadaran kebersihan pantai yang menjadi tempat wisata di Belitung," kata Manajer Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Belitung PLN UIW Babel I Made Agus Dwi Putra di Belitung, Minggu.

Baca juga: PLN Babel luncurkan program daur ulang sampah untuk bahan bakar PLTU

Dalam rangkaian kegiatan bersih-bersih pantai tersebut, PT PLN (Persero) melalui UP3 Belitung menyerahkan bantuan tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) berupa 20 tempat sampah kepada pengelola Unit Pelaksana Tugas Daerah Pantai Tanjungpendam Belitung.

"Bantuan ini salah satu bentuk komitmen kami dalam mendukung program pemerintah di sektor pariwisata dan lingkungan hidup. Saya berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran bersama untuk terus menjaga kebersihan lingkungan sekitar sekaligus mengajak generasi muda untuk mengurangi sebaran sampah plastik yang sangat sulit terurai," katanya.

Bantuan TJSL PLN berupa tempat sampah ini agar dapat digunakan dengan baik untuk meningkatkan kebersihan di kawasan objek wisata Pantai Tanjungpendam.

Baca juga: PLN Babel tanam 1.600 pohon di kawasan Bukit Mangkol

"Semoga bantuan ini dapat membantu memudahkan petugas kebersihan pantai mengumpulkan sampah dan mendorong pengunjung untuk membuang sampah pada tempat yang sudah disediakan sehingga lingkungan Pantai Tanjungpendam tetap bersih, asri, dan nyaman dikunjungi," kata Made.

Kepala Pengelola UPTD Pantai Tanjungpendam Belitung Nikki Nakaromi, mengapresiasi PLN atas bantuan yang telah diberikan.

Program ini dinilai membantu Dinas Pariwisata khususnya UPTD Pantai Tanjungpendam Belitung dalam program kebersihan lingkungan objek wisata.

Baca juga: Pepelingasih Babel tingkatkan kepedulian pemuda lestarikan lingkungan

"Kami mewakili pemerintah daerah dan masyarakat Tanjungpendam menyampaikan terima kasih atas kepedulian PLN untuk meningkatkan pariwisata Belitung yang tentunya berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta/Try Mustika
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023