Penggerak ekonomi di Sumbar ada di nagari dengan jumlah 600 lebih BUMNag/BUMDes.
Padang (ANTARA) - Bank Pembangunan Daerah (BPD) Sumatera Barat (Sumbar) atau biasa dikenal Bank Nagari membantu pengelolaan keuangan dalam bentuk kredit/pembiayaan serta jasa layanan perbankan kepada badan usaha milik nagari (BUMNag) di Sumbar.

Direktur Keuangan Bank Nagari Sania Putra, di Padang, Minggu, mengatakan sebagai bank milik pemerintah daerah Bank Nagari dapat mendukung BUMNag dalam melakukan ekspansi dalam usaha.

Bank Nagari dapat mendukung hal tersebut berupa layanan jasa perbankan, di antaranya dengan pemberian fasilitas kredit/pembiayaan permodalan kepada BUMNag, baik secara konvensional maupun syariah, sepanjang memenuhi persyaratan sesuai ketentuan bank yang berlaku.

Sania memaparkan, Bank Nagari memiliki berbagai macam produk dan layanan yang dapat dimanfaatkan oleh BUMNag dalam mengembangkan bisnisnya, baik itu produk dana, kredit/pembiayaan, serta produk digital antara lain Lapau Nagari dan Nagari Portal Payment.

Lebih lanjut Sania mengatakan, dalam rangka mendukung dan mengembangkan BUMNag sebagai instrumen penggerak ekonomi lokal sangat penting adanya peranan lembaga perbankan. Maka dari itu dirasa perlu adanya sinergi antara Bank Nagari dengan BUMNag melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa/Nagari Sumbar.

Program layanan jasa perbankan Bank Nagari kepada BUMNag dan Lembaga Ekonomi Masyarakat antara lain kerja sama pemberian fasilitas kredit/pembiayaan oleh Bank kepada BUMNag/BUMDes/pelaku UMKM dan pemerintahan desa/nagari sepanjang memenuhi persyaratan bank.

”Lalu melaksanakan kegiatan publikasi dan joint marketing yang meliputi antara lain advertensi, promosi dan sosialisasi dalam pemberian fasilitas kredit/pembiayaan baik secara konvensional maupun berdasarkan prinsip syariah,” katanya pula.

Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy mengatakan penggerak ekonomi di Sumbar ada di nagari dengan jumlah 600 lebih BUMNag/BUMDes, yang 203 di antaranya sudah terverifikasi dan memiliki badan hukum.

"Kolaborasi Bank Nagari dengan BUMNag/BUMDes ini diharapkan nagari bisa berkembang dan menjadikan indikator ekonomi makro dan mikro Sumbar turut menjadi baik, pengangguran berkurang, kemiskinan berkurang, dan tentunya ekonomi meningkat,” ujarnya lagi.
Baca juga: Bank Nagari akan luncurkan aplikasi mobile banking tahun ini
Baca juga: Laba Bank Nagari galami pertumbuhan sebesar 17,73 persen pada 2022

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023