"Bantuan life jacket dan ring buoy diberikan untuk meningkatkan keselamatan dan kenyamanan transportasi laut, bagi masyarakat dan wisatawan yang ingin berwisata ke Pulau Penyengat,"
Tanjungpinang (ANTARA) - Pemerintah menyalurkan bantuan berupa life jacket 100 buah, ring buoy 30 buah, dan becak listrik 11 unit kepada masyarakat di Pulau Penyengat, Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau.

Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Gubernur Kepri, Ansar Ahmad bersama Sekretaris Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan RI, Amirullah di Balai Adat Indera Sakti, Pulau Penyengat, Minggu.

"Bantuan life jacket dan ring buoy diberikan untuk meningkatkan keselamatan dan kenyamanan transportasi laut, bagi masyarakat dan wisatawan yang ingin berwisata ke Pulau Penyengat," kata Amirullah usai penyerahan bantuan.

Transportasi sampan atau yang sering disebut pompong adalah sarana utama yang digunakan bagi masyarakat atau wisatawan yang ingin menuju ke Pulau Penyengat dari pusat kota, Tanjungpinang.

Menurut Amirullah keselamatan bagi penumpang dan pengemudi pompong adalah hal yang utama untuk diperhatikan Kementerian Perhubungan.

"Harapan kami bantuan yang diberikan ini bisa semakin menjamin keselamatan transportasi untuk menuju pulau Penyengat," ujar Amirullah.
Baca juga: Pemprov Kepri hadirkan 11 unit kendaraan listrik di Pulau Penyengat
Baca juga: Menjelajahi Pulau Penyengat yang lekat akan adat Melayu Riau


Selain itu, Amirullah juga menyampaikan penyerahan 11 unit becak listrik di Pulau Penyengat bertujuan menggantikan becak motor yang selama ini dimanfaatkan wisatawan untuk berkeliling Penyengat.

Menurutnya kehadiran becak listrik ini merupakan bentuk dukungan pemerintah pusat untuk mewujudkan Pulau Penyengat sebagai pulau yang ramah lingkungan.

"Kami ingin Pulau Penyengat menjadi pulau yang bersih, sehat, dan lestari. Dengan becak listrik, diharapkan polusi udara dan suara bisa berkurang, sehingga nilai wisata di Pulau Penyengat bisa semakin meningkat," katanya pula.

Sementara, Gubernur Ansar mengapresiasi pemerintah pusat terutama Kementerian Perhubungan, karena selama masa kepemimpinannya Pulau Penyengat memang terus mendapatkan perhatian untuk revitalisasi di berbagai aspek, sehingga sarana pendukung pariwisata di kawasan tersebut semakin bagus.

Ia menyampaikan bantuan yang telah diberikan Kementerian Perhubungan sangat bermanfaat bagi masyarakat Pulau Penyengat. Terlebih dengan adanya becak listrik yang diyakini mampu meningkatkan daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Penyengat, sebagai salah satu destinasi wisata yang menjadi tujuan wisatawan dalam hingga luar negeri.

"Pada tahun 2024, Pemerintah Provinsi Kepri juga telah menganggarkan untuk pengadaan 16 becak listrik tambahan guna melengkapi kebutuhan becak listrik di Penyengat," demikian Ansar.
Baca juga: Pemprov Kepri usul anggaran Rp93 miliar ke pusat guna menata Penyengat
Baca juga: BPPW: 431 rumah warga Pulau Penyengat Kepri nikmati sambungan SWRO

 

Pewarta: Ogen
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2023