Padang (ANTARA) - Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) sekaligus Menteri Kelautan dan Perikanan RI Sakti Wahyu Trenggono melantik eks konsultan Bank Dunia Dr Efa Yonnedi sebagai Rektor Universitas Andalas (Unand) periode 2023-2028 menggantikan Prof Yuliandri.

"Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia dan taat kepada Undang-Undang Dasar Negara RI 1945," kata Ketua MWA Sakti Wahyu Trenggono yang diikuti oleh Rektor Unand masa bakti 2023-2028 Efa Yonnedi di Padang, Senin.

Pada pengucapan sumpah jabatan tersebut, Efa berjanji akan menjalankan tugas dengan selurus-lurusnya demi darma bakti kepada bangsa dan negara.

Sebelum mengambil sumpah jabatan rektor baru, Sakti Wahyu Trenggono terlebih dahulu mengingatkan bahwa sumpah yang diucapkan mengandung tanggung jawab terhadap bangsa dan negara, serta tanggung jawab memelihara pancasila dan UUD 1945 hingga tanggung jawab menyejahterakan rakyat.

Selanjutnya, Sakti Trenggono mengatakan dalam menjalankan jabatan, rektor terpilih harus dan wajib menjunjung tinggi etika jabatan, serta bekerja dengan sebaik-baiknya dan penuh dengan rasa tanggung jawab.

"Saya akan menjaga integritas dan tidak menyalahgunakan kewenangan serta menghindarkan diri dari perbuatan tercela," kata Menteri Kelautan dan Perikanan tersebut yang juga diikuti Efa Yonnedi.

Sementara itu, Rektor Unand periode 2019 hingga 2023 Prof Yuliandri mendoakan agar rektor yang baru saja dilantik sukses menjalankan amanah yang baru saja dipercayakan kepadanya.

"Kami yakin Pak Rektor periode 2023-2028 didukung penuh oleh keluarga. Sebab, akan menyita waktu yang cukup banyak dalam menjalankan tugas," ujarnya.

Tambahan informasi, sebelum dilantik sebagai Rektor Unand periode 2023-2028, Efa Yonnedi pernah menempati beberapa jabatan strategis dalam maupun luar negeri di antaranya konsultan Bank Dunia, Komisaris Utama Bank Nagari hingga Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unand.

Baca juga: Unand bangun laboratorium sentral senilai Rp209 miliar perkuat riset
Baca juga: Mahfud Md tegaskan kuliah umum di Unand bukan politik praktis
Baca juga: Akademisi Unand edukasi kaum perempuan terkait politik dan kepemiluan

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023