Memperluas pangsa pasar dengan berfokus pada segmen generasi muda melek digital terutama di bawah umur 30 tahun.
Jakarta (ANTARA) - Grup Pluang mengakuisisi PT Nilai Inti Sekuritas untuk mengejar percepatan pertumbuhan investor ritel sekaligus memajukan pasar modal Indonesia.

“Kolaborasi Pluang dengan PT Nilai Inti Sekuritas kami yakini mampu memperluas pangsa pasar dengan berfokus pada segmen generasi muda melek digital (digital savvy) terutama di bawah umur 30 tahun,” kata Co-Founder Pluang Claudia Kolonas dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin.

Data Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) menunjukkan jumlah investor ritel di pasar modal terus meningkat hampir mendekati 5 kali lipat, dari angka 2,5 juta investor di 2019 menjadi 11,7 juta investor per September 2023.

Dari jumlah tersebut, hampir 60 persen di antaranya berusia di bawah 30 tahun. Hal itu yang melandasi Pluang menyasar kelompok tersebut, karena dominasi investor ritel ini menjadi sinyal positif untuk platform digital memfasilitasi kebutuhan masyarakat dalam berinvestasi.

PT Nilai Inti Sekuritas telah mengumumkan hasil pengambilalihan seluruh saham perseroan dari modal ditempatkan dan disetor Perseroan kepada Grup Pluang pada 22 Agustus 2023.

Pemegang saham baru telah memperoleh persetujuan-persetujuan yang diperlukan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sesuai dengan peraturan perundangan-undangan yang berlaku.

Dengan hadirnya PT Nilai Inti Sekuritas sebagai bagian dari Grup Pluang, kedua pihak berkomitmen untuk taat dan patuh kepada peraturan perundang-undangan di Indonesia.

Untuk itu, keduanya akan terus meninjau dan meminta arahan dari regulator terkait prospek penambahan kelas aset saham Indonesia di aplikasi Pluang pada masa mendatang.

Perusahaan berharap 10 juta pengguna terdaftar dalam aplikasi Pluang akan memiliki pilihan diversifikasi investasi untuk kelas aset saham Indonesia, selain kelas aset reksa dana, emas digital, aset kripto, dan saham Amerika Serikat yang telah ada sebelumnya.

“Pluang berkomitmen untuk mendukung upaya-upaya pemerintah dalam meningkatkan literasi dan inklusi keuangan digital di Indonesia, khususnya dengan mengajak kalangan muda untuk mempelajari sektor keuangan yang nantinya menjadi investor pasar modal yang melek investasi,” kata Claudia.
Baca juga: Pluang luncurkan 500 lebih pilihan saham baru AS
Baca juga: Pluang berdayakan lebih dari satu juta perempuan secara finansial


Pewarta: Imamatul Silfia
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023