Beijing (ANTARA) - Observatorium nasional China pada Minggu (19/11) memperbarui peringatan biru untuk angin kencang di beberapa wilayah di negara tersebut.

Dari Minggu pukul 20.00 hingga Senin (20/11) pukul 20.00 waktu setempat, angin kencang diperkirakan akan menerjang beberapa bagian di Daerah Otonom Mongolia Dalam, Daerah Otonom Uighur Xinjiang, dan Daerah Otonom Xizang, kata Pusat Meteorologi Nasional (National Meteorological Center/NMC) China.

Pada periode yang sama, angin kencang diperkirakan akan menyapu sebagian Selat Taiwan, Selat Bashi, dan Laut China Selatan, menurut NMC.

NMC telah mengeluarkan peringatan bagi semua kapal dan personel yang berlayar dan beroperasi di wilayah laut yang terdampak oleh angin kencang, mengimbau mereka untuk memperhatikan keselamatan navigasi.

Departemen-departemen terkait telah diminta untuk mencegah kebakaran di hutan, padang rumput, dan daerah perkotaan, serta memastikan keamanan transportasi.

China memiliki sistem peringatan cuaca empat tingkat berkode warna untuk angin kencang, dengan warna merah mewakili peringatan paling parah, diikuti oleh oranye, kuning, dan biru. 

Pewarta: Xinhua
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023