Palangka Raya (ANTARA) -
Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran memberikan apresiasi berupa uang pembinaan kepada 128 siswa di provinsi setempat yang berhasil mengukir prestasi, baik di tingkat nasional maupun internasional.
 
"Pemberian apresiasi bagi peserta didik berprestasi ini sebagai bentuk motivasi sekaligus ucapan terima kasih Gubernur Kalimantan Tengah melalui Dinas Pendidikan (Disdik) kepada anak-anak kita," kata Kepala Bidang SMA Disdik Kalimantan Tengah Safrudin di Palangka Raya, Senin.
 
Dia menjelaskan pemberian apresiasi kepada siswa di Kalimantan Tengah yang berhasil mengukir prestasi pada berbagai bidang, di antaranya olimpiade sains, lomba seni siswa nasional, olahraga, musik, serta lainnya.

Baca juga: Gubernur: Pameran Inovasi Kalteng sarana siswa unjuk karya & prestasi
 
"128 siswa ini merata, ada yang juara di tingkat provinsi, nasional maupun internasional, baik yang meraih medali perunggu, perak maupun emas. Semua itu adalah anak-anak di Kalimantan Tengah yang berprestasi," ujarnya.
 
Safrudin mengatakan para siswa berprestasi penerima apresiasi ini dari berbagai jenjang, mulai SD, SMP hingga SMA sederajat.
 
Dia menyampaikan melalui berbagai torehan prestasi pada banyak bidang ini, menunjukkan anak-anak Kalimantan Tengah memiliki bakat maupun potensi yang beragam.
 
"Dinas Pendidikan selalu mendorong agar sekolah di Kalimantan Tengah memfasilitasi pengembangan para siswa sesuai dengan minat dan bakat mereka," ucapnya.
 
Safrudin mengatakan dalam pengembangan para siswa, sekolah tidak diperbolehkan memaksakan ekstrakurikuler tertentu. Tetapi, yang harus dilakukan adalah menggali potensi dari setiap anak, baik di bidang akademik, seni, maupun olahraga.
 
"Sehingga, hal tersebut menjadi bekal bagi mereka untuk meraih kesuksesan setelah lulus dari sekolah," tambahnya.

Baca juga: Umpr teliti minat siswa SMA di Kalteng lanjut studi perguruan tinggi

Baca juga: UMPR ajak siswa Kalteng go internasional
 
Menurutnya, hal ini juga sebagai bagian dari implementasi merdeka belajar, yakni anak-anak merdeka dalam belajar dan difasilitasi para guru yang memiliki kemerdekaan dalam mengajar.
 
Apresiasi yang diberikan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah kepada para siswa berprestasi ini beragam, menyesuaikan capaian prestasi amsing-masing, baik individual maupun berkelompok, di antaranya Rp1,5 juta, Rp2 juta, Rp4 juta hingga Rp7 juta.

Pewarta: Muhammad Arif Hidayat
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023