Jakarta (ANTARA) - Sebanyak tiga tim esports Indonesia yaitu RRQ Kazu, POCO Star, dan Thorrad melaju ke babak Grand Finals Free Fire World Series (FFWS) 2023 setelah melewati fase knockout.

Dikutip dari keterangan resmi, Senin, ketiga tim masuk jajaran 12 tim yang akan bertanding di fase pamungkas FFWS 2023 pada 24-26 November.

RRQ Kazu berada di peringkat kelima pada klasemen fase knockout dengan 291 poin, di bawah EXP Esports (Thailand), Buriram United Esports (Thailand), CGGG (Thailand), dan Magic Squad (Brazil).

Sementara, POCO Star dan Thorrad masing-masing berada di posisi ketujuh (283 poin) dan posisi kesembilan (221 poin) pada klasemen tersebut.

Adapun RRQ Kazu yang merupakan runner up Free Fire Master League (FFML) Season 8 dinilai sebagai salah satu tim Indonesia yang cukup konsisten. Penampilan terbaik RRQ Kazu hadir pada hari pertama dan hari kedua FFWS 2023, 10 dan 11 November.

Pada dua pertandingan tersebut, RRQ Kazu berhasil mengumpulkan total 177 poin dengan rincian 80 poin di hari pertama dan 97 poin di hari kedua.

Tak hanya itu, RRQ Kazu juga berhasil memecahkan rekor dengan menjadi tim Indonesia pertama di FFWS 2023 yang mencetak 25 poin eliminasi dalam satu ronde pertandingan.

Baca juga: Tiga tim esports Indonesia siap berlaga di FFWS 2023 Bangkok

Menyusul RRQ Kazu, POCO Star yang merupakan juara League Phase FFML Season 8 sekaligus debutan di FFWS memberikan penampilan terbaiknya pada pertandingan knockout terakhir pada 19 November.

Terakhir, sang juara FFML Season 8 Thorrad justru harus finis di posisi paling bontot dibandingkan dua kompatriotnya. Tergabung di Grup A bersama tim kuat seperti Buriram United Esports dan Magic Squad menjadi tantangan tersendiri bagi Thorrad.

Meski begitu, performa Thorrad di FFWS 2023 sejauh ini cukup mirip dengan perjalanan mereka di FFML Season 8. Di kompetisi tingkat nasional tersebut, Thorrad juga finis di bawah RRQ Kazu dan POCO Star di League Phase.

Sementara itu, RRQ Kazu, POCO Star, dan Thorrad akan bertanding melawan sembilan tim kuat lainnya dari berbagai penjuru dunia di Final Stage FFWS 2023 pada akhir pekan ini.

Final Stage FFWS 2023 akan diawali dengan babak Point Rush pada 24-25 November. Di babak ini, 12 tim akan memperebutkan point headstart yang ditentukan lewat konversi poin dari posisi mereka di babak Point Rush.

Sistem ini mirip seperti perebutan pole position di ajang balapan. Sistem ini juga sudah diterapkan di FFML Season 8 dengan sistem babak Semi Final dan Grand Final.

Bermodal poin tambahan dari babak Point Rush, 12 tim tersebut kemudian akan bertanding kembali di babak Grand Final FFWS pada 26 November.

Baca juga: Free Fire bawa fitur Guild War untuk tim komunitas Indonesia
Baca juga: Free Fire hadirkan "patch" spesial untuk sambut Hari Pahlawan


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023