Jakarta (ANTARA) - PT Waskita Karya (Persero) Tbk. (kode saham: WSKT) sampai dengan saat ini terus konsisten menjalankan langkah-langkah strategis dalam upaya melanjutkan program transformasi bisnis melalui 8 stream penyehatan keuangan. Seluruh upaya-upaya dilakukan oleh Perseroan demi memperbaiki kinerja keuangan dan performa perusahaan secara menyeluruh.

Seiring dengan proses restrukturisasi yang sedang dilakukan Waskita sejak awal tahun sampai saat ini, Perseroan terus melakukan diskusi intensif terkait proses review secara komprehensif terhadap Master Restructuring Agreement (MRA) dengan seluruh kreditur perbankan termasuk upaya restrukturisasi terhadap pemegang obligasi melalui Rapat Umum Pemegang Obligasi (RUPO) yang akan digelar pada akhir November 2023. Saat ini, seluruh perbankan Himbara dan sebagian perbankan swasta telah menyetujui skema restrukturisasi Waskita yang mewakili sekitar 80% dari nominal outstanding hutang. Perseroan juga berharap Pemegang Obligasi dapat menyetujui skema MRA tersebut.

SVP Corporate Secretary Waskita Karya Ermy Puspa Yunita mengatakan, komunikasi dengan seluruh kreditur, stakeholder dan Kementerian BUMN terus dilakukan untuk mendapatkan persetujuan agar proses restrukturisasi dapat segera diselesaikan. ”Persetujuan atas restrukturisasi Waskita merupakan titik penting bagi Waskita untuk dapat segera mengimplementasikan skema restrukturisasi sehingga Perseroan memiliki kemampuan dalam melakukan manajemen cash flow secara optimal guna menghasilkan siklus kegiatan operasional yang lebih sustainable. Hal ini juga dapat membantu Perseroan untuk menyelesaikan kewajiban kepada seluruh kreditur baik perbankan, pemegang obligasi, maupun vendor.”

Perseroan menargetkan untuk menyelesaikan proses restrukturisasi pada akhir tahun 2023. Sejalan dengan itu, Pemerintah juga terus mendukung upaya penyehatan Waskita melalui Penyertaan Modal Negara (PMN) dan dukungan konstruksi untuk penyelesaian pekerjaan ruas tol Bogor-Ciawi-Sukabumi, Kayu Agung-Kapal Betung dan Bekasi-Cawang-Kampung Melayu.

Saat ini Perseroan sudah kembali kepada core business-nya sebagai kontraktor murni. Perseroan juga sangat selektif dalam memilih proyek baru terutama dalam hal kepastian pembayaran, terdapat uang muka dan skema pembayaran monthly payment serta telah melalui Komite Manajemen Risiko Konstruksi sehingga proyek – proyek yang didapatkan oleh Waskita dapat berjalan dengan lancar dan selesai tepat waktu serta memberikan dampak positif bagi kinerja perusahaan. Saat ini Waskita dipercaya untuk mengerjakan lebih dari 90 proyek yang sedang berjalan dan tersebar di seluruh Indonesia termasuk di dalamnya 8 proyek IKN dengan NKB sampai dengan bulan Oktober sebesar Rp12 triliun sebagai sumber EBITDA baru.

Selain itu, Perseroan melakukan sentralisasi procurement, engineering dan penerapan lean construction pada proyek – proyek yang sedang berjalan serta melakukan efisiensi beban biaya operasional serta reorganisasi sebagai konsep lean office. Hal ini dilakukan agar proses bisnis Perseroan menjadi lebih efisien dan agile.

Perseroan juga terus membuktikan prestasi-prestasi yang telah dicapai, di antaranya konsisten melakukan penilaian oleh BPKP atas implementasi tata kelola Perusahaan dengan mendapat predikat sangat baik pada tahun 2023. Selanjutnya di awal tahun 2023 Waskita menerima penghargaan implementasi digitalisasi sebagai Perusahaan Percontohan 4.0 di bidang konstruksi. Perseroan juga menerima penghargaan The Best EPC Company pada acara Best Electricity Award (IBEA) 2023. Selanjutnya Waskita meraih penghargaan sebagai Terbaik II Kategori Transformasi Organisasi Perusahaan TBK dari 12th Anugrah BUMN 2023 dan juga penghargaan sektor BUMN kategori Public Relation department pada acara Public Relation Indonesia Awards (PRIA) 2023. Terakhir, Waskita telah meraih 5 Penghargaan pada Ajang Indonesia Construction Safety Award (ICSA) 2023 dan juga 3 penghargaan pada ajang Konstruksi Indonesia 2023 pada awal bulan November 2023 ini.

Manajemen Waskita terus berkomitmen untuk menjalankan program penyehatan dan transformasi, termasuk di dalamnya bekerjasama dengan BPKP, KPK dan Jamdatun dalam memperbaiki tata kelola perusahaan yang baik. ”Perbaikan sudah sangat signifikan dilakukan perseroan sampai dengan saat ini. Waskita terus berkomitmen untuk menjalankan kegiatan operasional sebagaimana mestinya dan tetap fokus untuk menyelesaikan proyek-proyek yang sedang berjalan serta terus konsisten dalam menerapkan tata kelola yang baik,” tutup Ermy.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023