"Sangat nyata Jambi berhasil mengatasi Karhutla.... Saya merangkum sistem cara kerja mulai dari kebijakan gubernur, dukungan lainnya, peran masyarakat,"
Jambi (ANTARA) - Duta besar (Dubes) Norwegia Rut Kruger Giverin menyampaikan bahwa Indonesia menunjukkan kepemimpinan yang kuat dalam pengendalian iklim dibawa komando Presiden Joko Widodo dan Menteri LHK Siti Nurbaya dan Norwegia sangat mendukung upaya Indonesia menjaga pengendalian iklim.

"Norwegia sudah menjalin kesepakatan dan mendukung Indonesia diantaranya dalam bentuk kerjasama rehabilitasi hutan, konservasi keanekaragaman hayati, pembuatan penegakan hukum dan partisipasi masyarakat dalam menjaga pengendalian iklim," kata Rut Kruger Giverin, di Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Jambi, Senin saat meninjau daerah tata kelola lahan gambut bersama Menteri LKH Siti Nurbaya.

"Harapan kami dapat belajar dari desa disini dalam restorasi pengendalian lahan gambut dan salah satu bentuk dukungan kami adalah yang dilakukan di Desa Pandan Sejahtera ini," ujar Rut Kruger Giverin.

Sementara itu Menteri LHK Siti Nurbaya juga mengakui khusus Provinsi Jambi berkat kepekaan Gubernurnya Al Haris dalam mengendalikan iklim khusus kebakaran hutan dan lahan sudah sangat nyata bahwa Jambi berhasil mengendalikan Karhutla tahun ini.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI Siti Nurbaya bersama Duta Besar (Dubes) Norwegia Rut Kruger Giverin, Gubernur Jambi Al Haris, dan Kepala BRGM Hartono melakukan peninjauan area tata kelola lahan gambut di Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

Dimana titik yang menjadi kunjungan menteri bersama Dubes Norwegia dan rombongan itu adalah desa peduli gambut Pandan Sejahtera, Kecamatan Geragai, Kabupaten Tanjung Jabung Timur.
Baca juga: KLHK sebut pengendalian HFC tingkatkan daya saing industri nasional
Baca juga: Pejabat KLHK: ProKlim sudah dijalankan di sekitar enam ribu lokasi


Di Desa Pandan Sejahtera, Siti Nurbaya beserta rombongan melihat Alat Pantau Tinggi Muka Air Tanah (APTMA) lahan gambut, alat yang sangat penting untuk pengendalian lahan gambut dari kebakaran, selain itu Menteri LHK yang dimoderatori oleh Gubernur Al Haris melakukan dialog dengan masyarakat.

Pada kesempatan itu, Menteri LHK Siti Nurbaya mengungkapkan bahwa Provinsi Jambi berhasil mengendalikan kebakaran hutan lahan (Karhutla) dimana berkat kepekaan dan sensitifitas gubernur dan Tim Satgas Karhutla Jambi yang tersistem dalam menangani Karhutla Provinsi Jambi.

Siti Nurbaya juga berharap Pemerintah Provinsi Jambi terus tetap berkomitmen untuk terus mengendalikan lahan agar tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan.

"Sangat nyata Jambi berhasil mengatasi Karhutla, kami juga melihat langsung kenapa Jambi berhasil menangani Karhutla. Saya merangkum sistem cara kerja mulai dari kebijakan gubernur dan dukungan lainnya, termasuk yang memantau gambut dan yang tak kalah penting peran masyarakat," katanya.

Jambi memang tahun ini benar-benar layak menjadi contoh keberhasilan penanganan Karhutla, sensitifitas dan kepekaan Gubernur terhadap Karhutla, kepakaan gubernur dan Satgas bagus sekali sehingga langsung mengecek situasi kelapangan ketika ada titik api langsung dipadamkan dan lebih penting lagi masyarakat lebih baik menjaga lahan gambut.

"Keberhasilan Jambi ini kayak untuk ditularkan ke seluruh Indonesia," jelas Menteri LHK Siti Nurbaya.

Sementara itu, Gubernur Jambi Al Haris pada kesempatan itu mengungkapkan terima kasih kepada Kementerian LHK dan juga Dubes Norwegia atas perhatiannya terhadap Provinsi Jambi dimana pemerintah provinsi tetap berkomitmen dan perhatian Kementerian LHK dapat menjadi semangat untuk terus menjaga lahan dari potensi kebakaran.

"Terima kasih banyak Jambi sudah menjadi perhatian, kami akan tetap komitmen, apa yang sudah disumbangkan untuk Jambi dapat menambah semangat kami semua untuk rakyat sejahtera dan tentu apa yang telah menjadi keberhasilan Provinsi Jambi dapat mengendalikan Karhutla itu juga berkat arahan dan dukungan Menteri LHK, berkat Satgas Karhutla dan dukungan masyarakat," kata Gubernur Jambi Al Haris.
Baca juga: KLHK sebut nilai ekonomi karbon dukung pengendalian perubahan iklim
Baca juga: KLHK ajak masyarakat ikut berpartisipasi kendalikan perubahan iklim

Pewarta: Nanang Mairiadi
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2023