Jakarta (ANTARA/JACX) – Sebuah unggahan di media sosial X dan Instagram menampilkan sebuah video Monumen Nasional (Monas) pada 14 November. Dalam video tersebut Monas dihiasi banyak balon udara bertuliskan “Ganjar Mahfud 2024” dan terdapat juga foto Ganjar-Mahfud. 

Selain itu, dalam video juga terlihat Monas yang biasanya berwarna putih menjadi merah dan dituliskan “GANJAR MAHFUD 2024” secara bergantian. Unggahan tersebut telah dilihat lebih dari 200 ribu penayangan hingga hari ini.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:

“Banyak balon udara Ganjar Pranowo dan Mahfud MD di sekitar Monas, ada yang udah liat? Wdyt?”

Namun, benarkah video Balon udara Ganjar-Mahfud hiasi monas pada 14 November?

 

Unggahan video hoaks yang menampilkan hiasan balon udara Ganjar-Mahfud di Monas pada 14 November. Faktanya, UPK Monas Muhammad Isa Sanuri menjelaskan, bahwa video tersebut tidak benar. (X)
Penjelasan:

Kepala Unit Pengelola Kawasan (UPK) Monas Muhammad Isa Sanuri menjelaskan, bahwa video balon udara Ganjar-Mahfud hiasi monas pada 14 November 2023 tersebut tidak benar. Ia menjelaskan, untuk pemasangan balon udara di Monas harus mendapatkan izin dari Setmilpres Kemensetneg. Sehingga, tidak bisa semua orang, apalagi kegiatan politik, memanfaatkan promosi di kawasan Monas.

"Tidak ada (kegiatan politik). Penggunaan balon udara di kawasan Monas tidak bisa sembarangan," kata Isa saat dikonfirmasi wartawan di Jakarta pada Kamis (16/11/2023).

Dengan demikian, video balon udara Ganjar-Mahfud hiasi monas pada 14 November merupakan keliru.

Klaim: Balon udara Ganjar-Mahfud hiasi monas pada 14 November

Rating: Hoaks

Cek fakta: Hoaks! Mahfud MD resmi gantikan Surya Paloh sebagai Ketum NasDem

Cek fakta: Benarkah Prabowo resmi tetapkan Ganjar Pranowo sebagai bakal cawapres-nya?

Baca juga: Puan Maharani yakin Ganjar miliki data terkait skor penegakan hukum

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2023