Pangkalpinang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berupaya menggiatkan pengawasan usaha industri di seluruh kabupaten dan kota untuk mendorong pertumbuhan perekonomian di daerah itu.

"Tugas pemerintah daerah dalam pengawasan usaha industri dan kawasan industri ini sudah diatur dalam Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 25 Tahun 2021 tentang Pedoman dan tata cara pengawasan dan pengendalian industri," kata Kepala Dinas Perindag Provinsi Babel Tarmin AB di Pangkalpinang, Senin.

Selain itu, kata dia, Kementerian Perindustrian memiliki peran menyusun pengawasan dan pengendalian usaha industri dan kawasan industri yang selanjutnya dalam hal menjaga pemenuhan kepatuhan perusahaan industri dan perusahaan kawasan industri melalui regulasi bidang industri sebagaimana amanat Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2014 tentang Perindustrian.

"Kami telah mengundang Disperindag seluruh kabupaten dan kota di Babel untuk bersama-sama memahami aturan ini dan menjalankan tugas serta fungsi pengawasan dan pengendalian usaha agar bisa diterapkan sesuai regulasi yang berlaku di wilayah kerja masing-masing," katanya.

Dengan adanya koordinasi yang baik diharapkan pengawasan dan pengendalian industri bisa berjalan sesuai aturan yang ada sehingga mampu membawa perubahan bagi usaha industri ke arah yang lebih baik.

"Dengan perubahan yang baik ini kami harapkan dapat meningkatkan investasi dan mendorong pertumbuhan ekonomi sektor perindustrian, khususnya di Provinsi katanya," katanya.

Kepala Bidang Pengendalian dan Fasilitasi Usaha Industri Disperindag Provinsi Babel Supianto mengatakan tujuan dari rapat koordinasi dengan seluruh Disperindag kabupaten/kota se-Babel merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan investasi dan pertumbuhan ekonomi khususnya sektor perindustrian.

"Untuk menciptakan kondisi perekonomian yang baik bagi para pelaku usaha industri di daerah dibutuhkan kebijakan untuk memberikan kepastian berusaha, kepastian hukum, dan menciptakan iklim usaha yang memberi rasa aman dan kondusif," katanya.


Baca juga: Mendagri puji pertumbuhan ekonomi Bangka Belitung

Baca juga: Jasa keuangan pemicu ekonomi Babel naik 4,37 persen

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta/Elza Elvia
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023