Kami gandeng PT Thorcon Power Indonesia untuk membangun teknologi molten salt reaktor (TMSR500).
Koba, Babel, (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggandeng PT Thorcon Power Indonesia untuk membangun reaktor nuklir di Pulau Gelasa, Kecamatan Lubuk Besar.

"Kami gandeng PT Thorcon Power Indonesia untuk membangun teknologi molten salt reaktor (TMSR500)," kata Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman, di Koba, Senin.

Bupati mengatakan kerja sama dengan PT Thorcon Power Indonesia merupakan dukungan terhadap rekomendasi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

"Kesepakatan ini untuk mendukung kerja sama dalam penyediaan pelayanan publik yang bergerak di bidang energi baru berbasis TMSR500)," ujarnya.

Pemkab Bangka Tengah segera mensosialisasikan dan mengedukasi warga terkait reaktor nuklir agar pembangunannya bisa berjalan lancar.

Bupati menjelaskan, reaktor TMSR500 merupakan inovasi teknologi pembangkitan listrik tenaga nuklir untuk menjawab kebutuhan energi dengan sumber energi non-intermiten yang bebas karbon.

"Teknologi berbasis TMSR500 ini berbiaya rendah dan memiliki keselamatan tinggi, sehingga dapat mengurangi ketergantungan pada sumber energi fosil," ujarnya pula.

Direktur Operasi PT Thorcon Power Indonesia Bob S Efendi mengatakan pembangunan reaktor nuklir di Bangka Tengah merupakan proyek bersejarah dan menjadi awal perubahan bagi wajah Bangka Tengah.

"Tentu kami akan memastikan masyarakat terdekat akan mendapatkan manfaat dari proyek ini dan kami prediksi 500 karyawan akan terserap," ujarnya lagi.
Baca juga: Komisi VII bahas potensi kerja sama nuklir dengan Kedutaan Korea
Baca juga: BRIN jajaki kerja sama penelitian reaktor modular mikro


Pewarta: Ahmadi
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023