Palembang (ANTARA) - Aparat Kepolisian Daerah Sumatera Selatan melakukan pemeriksaan ruang tahanan guna mengetahui  kondisi kesehatan dan keamanan para tahanan.

Pamenwas Polda Sumsel AKBP Yenni Diarty usai memeriksa ruang tahanan kepolisian di Palembang, Selasa, mengatakan pengecekan tahanan untuk mengetahui jumlah tahanan yang ada di Polda Sumsel, kemudian kondisi kesehatan mereka, serta barang – barang bawaan milik tahanan yang berada di dalam ruang tahanan.
 
“Selain ingin mengetahui apakah ada tahanan yang sakit, pemeriksaan juga melakukan pengecekan terhadap barang bawaan yang bisa membahayakan tahanan sendiri maupun petugas seperti korek api, pisau, silet, tali yang dapat dipergunakan berbuat nekat oleh tahanan," ujarnya.
 
Menurutnya, kondisi tahanan menjadi atensi Kapolda Sumsel yang betul-betul harus diperhatikan.

 "Kapolda Sumsel Irjen Pol Rachmad Wibowo mengingatkan kepada piket pawas dan piket penjagaan untuk selalu meningkatkan kewaspadaan dalam pelaksanaan tugas jaga tahanan," katanya.
"Cek dan awasi tahanan sesuai dengan SOP dan beliau juga memerintahkan anggota piket untuk menjaga kesehatan tahanan dengan mengarahkan tahanan untuk berolahraga bersama dan menjaga kebersihan ruang tahanan," katanya.

Pewarta: M. Imam Pramana
Editor: Hisar Sitanggang
Copyright © ANTARA 2023