Bandung (ANTARA) - Timnas Argentina menghancurkan Venezuela dengan kemenangan besar lima gol tanpa balas, 5-0, pada pertandingan 16 besar yang dimainkan di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Selasa.

Dengan hasil itu, Argentina akan berhadapan dengan negara Amerika Selatan lainnya, Brazil, pada pertandingan perempat final di Jakarta International Stadium, Jumat (24/11).

Dominasi Argentina sangat terasa sejak awal pertandingan. Beberapa peluang mereka dapatkan dari kerja sama apik para pemainnya.

Sejumlah upaya tersebut akhirnya menuai hasil pada menit ke-15. Pergerakan cepat Ian Subiabre di sisi kanan pertahanan Venezuela kemudian diteruskan dengan kiriman umpan tarik. Bek Venezuela Luis Balbo berusaha menghalau bola, namun bola justru masuk ke dalam gawangnya sendiri.

Argentina yang menguasai 62 persen penguasaan bola di babak pertama menggandakan keunggulan pada menit ke-22. Santiago Lopez yang berada di dalam kotak penalti menerima bola diagonal, ia kemudian menuntaskannya dengan sepakan keras tanpa dapat diantisipasi kiper Jorge Sanchez.

Keunggulan Argentina bertambah pada menit ke-32. Kali ini dari skema kerja sama apik di sisi kanan pertahanan Venezuela, Valentino Acuna mengirimkan umpan tarik yang disambar dengan sempurna oleh Claudio Eccheveri.

Venezuela yang sudah tertinggal tiga gol berusaha untuk setidaknya memperkecil ketertinggalan sebelum turun minum. Namun dua peluang terbaik mereka yang diperoleh David Martinez hanya mengarah lurus ke kiper Jeremias Florentin. Babak pertama pun ditutup dengan keunggulan 3-0 bagi Argentina.

Baca juga: Pelatih Senegal U-17 ungkap tak ada tekanan meski Prancis nirbobol Gempuran Argentina berlanjut setelah turun minum. Babak kedua baru bergulir dua menit, tetapi ancaman sudah mengintai gawang Venezuela melalui sepakan Santiago Lopez namun membentur mistar gawang.

Pada menit ke-67, Pablo Ibarra melakukan pelanggaran terhadap pemain Argentina di kotak penalti. Wasit kemudian memutuskan untuk melakukan tinjauan VAR untuk mengambil keputusan.

Dari keputusan VAR, wasit kemudian memberi hadiah penalti kepada Argentina. Eksekusi penalti diambil oleh Roberto Agustin untuk mengubah skor menjadi 4-0.

Argentina masih sempat mengemas gol kelima mereka saat laga memasuki menit ke-79. Diawali kiriman bola panjang dari belakang, bek Venezuela berusaha membuangnya namun bola berhasil direbut Agustin, untuk dikontrol sebentar, sebelum diselesaikan menjadi gol dengan sepakan sambil membalikkan badan.

Daftar susunan pemain:
Argentina: Jeremias Florentin, Octavio Ontivero, Dylan Gorosito, Tobias Palacio, Juan Gimenez, Mariano Gerez, Ian Subiabre, Claudio Eccheveri, Santiago Lopez, Valentino Acuna, Agustin Roberto
Pelatih: Diego Placente

Venezuela: Jorge Sanchez, Pablo Ibarra, Yiandro Raap, Angel Borgo, Luis Balbo, Jose Correa, David Martinez, Nicola Profeta, Lucciano Reinoso, Juan Arango, Miguel Vegas​​​​​​​
Pelatih: Ricardo Valino

Baca juga: Pelatih Mali akui pertandingan lawan Meksiko sulit
Baca juga: Pelatih Jerman cemas timnya gagal dominasi permainan saat lawan AS

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023