Karo (ANTARA) - Polres Tanah Karo mengerahkan sebanyak 507 personel untuk mengamankan lomba ketahanan (endurance) jetski Aquabike yang berlangsung di Pantai Sinalsal, Tonggi, Kabupaten Karo, Rabu.

"Jumlah personel sebanyak 507, gabungan dari Polres Tanah Karo dua per tiga kekuatan yaitu 208 orang. Ditambah lainnya seperti bantuan dari Polda (Sumut) 98 orang yang terdiri dari Ditsamapta Polda. Lalu ada Brimob, penjinak bom, serta melibatkan unit K9 (anjing pelacak)," kata Kapolres Tanah Karo AKBP Wahyudi Rahman di Karo, Rabu.

Wahyudi menerangkan bahwa kegiatan pengamanan tersebut dinamai Aquabike Toba 2023 itu tak hanya dilaksanakan oleh kepolisian, namun juga diperkuat personel TNI, serta Pemkab Karo yang mengerahkan satpol PP dan anggota Badan Penanganan Bencana Daerah (BPBD).

Sebelum kegiatan dimulai, Kapolres telah melangsungkan apel pagi untuk memberikan pengarahan kepada seluruh unsur pengamanan untuk mengamankan area perlombaan, masyarakat, serta peserta lomba.

"Tadi pagi kami sudah melaksanakan apel kesiapan pengamanan untuk mengantisipasi gangguan kamtibmas di acara ini. Tentunya kami bekerja sama dengan seluruh stakeholder terkait untuk memberikan pelayanan bagi masyarakat, dan menciptakan ruang aman dan nyaman," paparnya.

Baca juga: Pemprov harap ajang Aquabike munculkan bibit atlet lokal Sumut

Polres Tanah Karo akan melihat potensi kerawanan yang berujung pada gangguan kamtibmas seperti copet atau curanmor. Maka dari itu Polres Tanah Karo akan memperketat titik-titik yang menjadi jalan masuk.

Endurance merupakan salah satu kategori yang dimainkan dalam ajang Kejuaraan Dunia Jetski Aquabike 2023 di Danau Toba. Agenda yang berlangsung pada 22-26 November itu diikuti sebanyak 128 pembalap dari 22 negara, dengan 10 di antaranya merupakan pembalap dari Indonesia yang tampil melalui jalur wildcard.

Agenda tersebut dimulai dengan nomor endurance yang berlangsung di Kabupaten Karo yang bertajuk Karo Cup, dengan diikuti oleh 41 pembalap.

Kemudian, Dairi Cup yang digelar di Kabupaten Dairi akan dilangsungkan sehari setelahnya. Kategori endurance akan ditutup dengan Samosir Cup pada 24 November di Kabupaten Samosir. Secara total para pembalap akan melewati rute sejauh 188 Km dalam kategori ini.

Setelah itu, Grand Prix (GP) Danau Toba 2023 akan memainkan nomor sirkuit di Kota Balige, Kabupaten Toba pada 25-26 November yang diikuti oleh 77 pembalap. Dalam nomor ini ada lima kategori yang dipertandingkan yakni Ski GP1, Runabout GP1, Ski Ladies GP1, Freestyle, dan Parallel Slalom.

Baca juga: Pemkab Karo sediakan rumah tinggal dukung Aquabike Jetski 2023    
Baca juga: Menpora ajak media sukseskan Aquabike Jetski World 2023

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023