Karo (ANTARA) - Direktorat Kepolisian Air (Ditpolair) Polda Sumatera Utara dikerahkan untuk mengawal rombongan peserta jetski Aquabike untuk melintasi Danau Toba dari Kabupaten Samosir menuju Kabupaten Karo untuk berlaga pada nomor endurance, Rabu.

Menurut Kapolres Tanah Karo AKBP Wahyudi Rahman, pihaknya memastikan keamanan seluruh peserta lomba endurance Aquabike dengan menerjunkan sebanyak empat speed boat dan dua kapal sebagai elemen pengawalan.

"Jetski akan berangkat dari Samosir direncanakan pada pukul 08.00 (WIB), dikawal oleh speed boat dari Ditpolair Polda Sumut yang juga akan berperan sebagai penunjuk arah," kata Wahyudi saat ditemui di Pantai Sinalsal, Tongging, Karo, Rabu.

Wahyudi memaparkan, dengan adanya rencana mobilisasi lewat area danau maka pengamanan yang dilakukan Polres Tanah Karo dilakukan secara ganda yaitu di darat dan perairan.

Baca juga: Polres Tanah Karo kerahkan 507 personel amankan endurance Aquabike

Pihaknya juga sudah memperhitungkan durasi dan jarak tempuh peserta lomba endurance Aquabike, yaitu selama 60 menit dengan jarak tempuh sekitar 36 Km.

"Jarak tempuh dari Samosir ke sini (Tongging) sekitar 36 Km, dengan waktu tempuh sekitar satu jam untuk jetski. Kami menantikan mereka di sini," ungkap Wahyudi.

Endurance merupakan salah satu kategori yang dimainkan dalam ajang Kejuaraan Dunia Jetski Aquabike 2023 di Danau Toba. Agenda yang berlangsung pada 22-26 November itu diikuti sebanyak ada 128 pembalap dari 22 negara, dengan 10 di antaranya merupakan pembalap dari Indonesia yang tampil melalui jalur wildcard.

Agenda tersebut dimulai dengan nomor endurance yang berlangsung di Kabupaten Karo yang bertajuk Karo Cup, dengan diikuti oleh 41 pembalap.

Kemudian, Dairi Cup yang digelar di Kabupaten Dairi akan dilangsungkan sehari setelahnya. Kategori endurance akan ditutup dengan Samosir Cup pada 24 November di Kabupaten Samosir. Secara total para pembalap akan melewati rute sejauh 188 Km dalam kategori ini.

Setelah itu, Grand Prix (GP) Danau Toba 2023 akan memainkan nomor sirkuit di Kota Balige, Kabupaten Toba pada 25-26 November yang diikuti oleh 77 rider. Dalam nomor ini ada lima kategori yang dipertandingkan yakni Ski GP1, Runabout GP1, Ski Ladies GP1, Freestyle, dan Parallel Slalom.

Baca juga: Pemprov harap ajang Aquabike munculkan bibit atlet lokal Sumut

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023