Balige (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Provinsi Sumatera Utara menyebut tinggi gelombang di perairan Danau Toba tergolong aman untuk Kejuaraan Dunia Jetski Aquabike 2023 yang berlangsung di Pelabuhan Balige, Sumatera Utara.

"Data yang kami kumpulkan dari alat menunjukkan tinggi gelombang maksimum 0,7 meter. Itu sangat sip (cocok) untuk lomba jetski," kata Kepala BMKG Sumatera Utara Hendro Nugroho di Pelabuhan Balige, Sumut, Sabtu.

Menurut Hendro, tinggi gelombang tersebut justru cocok untuk pelaksanaan lomba balap jetski. Sedangkan pada ajang F1 H2O yang berlangsung pada Februari, tinggi gelombang serupa tidak cocok bagi kendaraan jet air tersebut.

"Beda dengan F1 H2O kemarin, tinggi gelombang hanya 0,5 meter saja sudah jadi masalah, mengganggu laju mereka," Hendro menambahkan.

BMKG Sumut turut mendukung penuh pelaksanaan agenda Kejuaraan Dunia Jetski Aquabike 2023 dengan mengandalkan sejumlah alat ukur dan observasi Stasiun Cuaca Otomatis (AWS) yang dipasang di sejumlah titik di sekitar lokasi acara, serta menyiapkan perangkat layar display di ruang media center, ruang VIP, dan lokasi persiapan tim.

Baca juga: Toba jadikan ajang Aquabike 2023 sebagai investasi sport tourism

Berdasarkan pemantauan tim BMKG Sumut, diprediksi daerah Balige akan turun hujan ringan saat siang selama dua hari pelaksanaan lomba pada 25-26 November.

"Prakiraan yang kami dapatkan bahwa pada November-Desember adalah puncak musim hujan, tapi dari data AWS rata-rata berawan dan kemudian nanti hujan ringan pada pukul 13.00 sampai 14.00 (WIB)," ujar Hendro.

Hendro menjelaskan bahwa angin yang disertai hujan tersebut datang dari arah utara, sehingga hal tersebut yang menyebabkan tinggi gelombang di sekitar Pelabuhan Balige sesuai dengan kebutuhan balap Aquabike.

BMKG Sumut juga memperkirakan hujan yang cukup deras diprediksi terjadi di sekitar lokasi pada sore menjelang malam hari. Namun Hendro memastikan setelahnya cuaca akan kembali cerah.

"Apakah malam hujan? Kami sampaikan potensi itu ada pada pukul 17.00 sampai 18.00 (WIB), tapi setelah jam itu Insyaallah kembali cerah berawan. Begitu pula besok akan hujan ringan pada pukul 13.00 sampai 14.00 (WIB), setelahnya cerah berawan," pungkas Hendro.

Baca juga: Kasza sayangkan kemenangannya tanpa persaingan ketat dengan Bruno
Baca juga: Bruno keluar sebagai juara dunia balap endurance jetski Aquabike 2023

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023