Nanti ada percontohan di food estate (Humbahas) kami minta 100-200 hektare
Jakarta (ANTARA) -
Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman menyebutkan bahwa food estate di Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatera Utara, disiapkan menjadi percontohan kawasan produksi komoditas cabai.
 
"Nanti ada percontohan di food estate (Humbahas) kami minta 100-200 hektare," ujar Amran saat ditemui di Kantor Pusat Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan, Rabu.
 
Amran menerangkan pengelolaan food estate disesuaikan dengan kebutuhan serta kondisi iklim, tanah, dan ketinggian dari lokasi produksi. Menurutnya, food estate di Humbahas cocok jika dikembangkan menjadi tempat produksi cabai.
 
"Selama iklim cocok, tanah cocok, selama ketinggian dari permukaan laut cocok maka kita tanam," kata Amran.
 
Diketahui, saat ini Kementerian Pertanian (Kementan), Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Kemenko Marves), dan Pemerintah Daerah Humbahas akan fokus mengembangkan komoditas cabai untuk diproduksi secara masif di Food Estate Humbahas.
 
“Nanti kami akan disuplai lahan 100 sampai 200 hektare. Sementara itu bibit tanaman akan diberikan gratis oleh Kementerian Pertanian,” kata Amran.
 
Dia meyakini dengan kerja sama Kementan, Kemenko Marves, dan Pemerintah Daerah Humbahas maka program food estate akan sukses.
 
Insya Allah tahun ketiga sudah swasembada. Tahun pertama kita bisa menekan impor, tahun kedua produksi sudah membaik, dan tahun ketiga paling lambat sudah swasembada,” ucap Amran.
 
Food Estate Humbahas telah diolah sejak 2022 dan berfokus pada tanaman hortikultura seperti bawang merah, bawang putih, kentang, kubis, dan cabai. Di Juni 2023, total akumulasi luas tanam di Food Estate Humbahas telah mencapai 482,84 hektare.
 
Menurut data Pemerintah Daerah Kabupaten Humbahas, total produksi food estate Kabupaten Humbang Hasundutan telah mencapai 392 ton kentang, 165 ton bawang merah, 294 ton kubis, 271 ton cabai, 93 ton jagung, 26 ton tomat, dan 13 ton bawang putih.

Baca juga: Kementan bersama Kemenko Marves kembangkan Food Estate Humbahas
Baca juga: Legislator minta Pemerintah kembangkan food estate seperti di Humbahas

Pewarta: Farhan Arda Nugraha
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023