"Apel dan deklarasi ini bagian dari menguatkan komitmen agar teman-teman menyelenggara, baik itu pengawas maupun penyelenggara teknis punya komitmen yang sama untuk melaksanakan Pemilu dan pengawasan pemilu dengan profesional, berintegritas,"
Bantul (ANTARA) - Apel Siaga Pengawasan yang diselenggarakan Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, sebagai upaya untuk menguatkan komitmen jajaran pengawas untuk melaksanakan dan pengawasan pemilu secara profesional dan berintegritas.

"Apel dan deklarasi ini bagian dari menguatkan komitmen agar teman-teman menyelenggara, baik itu pengawas maupun penyelenggara teknis punya komitmen yang sama untuk melaksanakan Pemilu dan pengawasan pemilu dengan profesional, berintegritas," kata Ketua Bawaslu Bantul Didik Joko Nugroho usai Apel Siaga Bawaslu di Bantul, Rabu.

Menurut dia, Apel Siaga Bawaslu yang dilanjutkan dengan pembacaan Deklarasi Penyelenggaraan Pemilu Berintegritas oleh Bawaslu, dan KPU Bantul tersebut juga meneguhkan bahwa jajaran pengawas dan penyelenggara teknis punya komitmen sama menjadi penyelenggara Pemilu yang profesional.

Selain itu, kata dia, Apel Siaga Pengawasan tersebut lebih pada untuk melakukan konsolidasi pengawas, karena kegiatan ini diikuti oleh semua pengawas di 17 kecamatan dan semua pengawas jajaran tingkat kelurahan yang berjumlah 75 desa se Bantul.

"Jadi, kita ingin memastikan bahwa teman-teman sudah siap terutama untuk menghadapi pengawasan tahapan kampanye yang kurang lebih enam hari lagi sudah akan dilaksanakan," katanya.

Lebih lanjut dia mengatakan, ada satu pesan khusus yang ditekankan Bawaslu, agar teman teman pengawas pemilu dalam kerja kerja pengawasannya lebih mengedepankan pencegahan, melakukan mitigasi potensi pelanggaran.

"Dan yang ketiga pengawas pemilu harus selalu melakukan konsolidasi dan koordinasi dengan pihak terkait di dua jenjang, pertama jenjang kecamatan dengan kepolisian sektor, dan camat. Di tingkat kelurahan dengan pemerintah kelurahan, babinsa dan babinkamtibmas," katanya.

Sementara itu, Bupati Bantul Abdul Halim Muslih mengatakan Apel Siaga yang diselenggarakan Bawaslu ini untuk mensolidkan barisan para pengawas pemilu baik di tingkat kabupaten, kecamatan maupun kelurahan, dan tentunya bersama jajaran penyelenggara pemilu di Bantul.

"Ini agenda yang sangat bagus, sangat penting untuk memastikan setiap penyelenggara Pemilu ini memahami kewajiban-kewajibannya. Dan mereka sudah menandatangani komitmen sebagai penyelenggara pemilu yang berintegritas," katanya.

Bupati juga mengatakan, komitmen dari jajaran pengawas dan penyelenggara pemilu ini juga melegakan semua, bahwa mereka ini sudah siap." Dan kita optimistis pesta demokrasi di Kabupaten Bantul akan berjalan secara LUBER dan Jurdil dan berintegritas," katanya.

Pewarta: Hery Sidik
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023