Sektor transportasi berperan penting dalam mewujudkan pertumbuhan ekonomi, konektivitas antar wilayah, dan mobilitas
Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Novie Riyanto mengatakan bahwa Indonesia membutuhkan banyak sumber daya manusia (SDM) yang unggul di bidang transportasi karena berperan penting dalam pertumbuhan ekonomi.

“Sektor transportasi berperan penting dalam mewujudkan pertumbuhan ekonomi, konektivitas antar wilayah, dan mobilitas. Untuk itu dibutuhkan SDM yang dapat memberikan pelayanan terbaik, bekerja keras, dan mampu berkolaborasi untuk mencapai tujuan tersebut,” kata Novie di Jakarta, Rabu.

Novie menyampaikan, melalui kegiatan Hub Edu Fest 2023 Kementerian Perhubungan berupaya menumbuhkan minat para pelajar untuk berkarir di bidang transportasi.

Ia menjelaskan melalui kegiatan Hub Edu Fest, diharapkan para generasi terdahulu yang sudah berkarir di bidang transportasi, dapat memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada generasi kini dan masa depan tentang pentingnya transportasi bagi peningkatan daya saing bangsa.

Pada kesempatan ini, Kemenhub juga meluncurkan buku cerita edukatif bertajuk “Cermin Diriku”, yang menceritakan kisah inspiratif perjalanan hidup para insan transportasi.

"Buku ini menjadi salah satu medium kami untuk menyampaikan pesan kepada para pelajar agar menginspirasi mereka,” ujarnya.

Lebih lanjut Novie mengungkapkan, kesempatan berkarir di bidang transportasi terbuka luas dengan adanya berbagai pembangunan infrastruktur transportasi di Indonesia.

Ia menyebut, pemerintah melalui Kemenhub memiliki sejumlah sekolah kedinasan yang tersebar di berbagai daerah, yang bisa menjadi jembatan untuk berkarir di bidang transportasi.

“Saya menganjurkan kepada para pelajar untuk mengenali potensi diri. Saya percaya, transportasi kita akan semakin maju di tangan adik-adik pelajar generasi masa depan Indonesia,” katanya.

Buku cerita edukasi insan transportasi Indonesia berjudul “Cermin Diriku” merupakan karya penulis Johanna Ernawati, menyajikan cerita yang diinspirasi oleh kisah perjalanan hidup insan transportasi Indonesia.

Beberapa diantaranya yaitu Achmad Yani (Direktur Lalu Lintas Jalan Kemenhub/alumni PTDI-STTD); Capt. Sahattua P. Simatupang (Inspektur IV Kemenhub/alumni Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta); T. Robby Irza (Kepala Biro Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah Aceh/alumni Poltek Trans SDP Palembang); Capt. Nuruddin (Pilot/alumni PPI Curug), dan Tiara Alicia Fitri (Masinis MRT Jakarta/alumni Politeknik Perkeretaapian Indonesia Madiun).


Baca juga: Kemenhub dan ITS kerja sama pengembangan SDM sektor transportasi
Baca juga: Indonesia-Singapura bahas kerja sama FIR dan pengembangan SDM
Baca juga: Kemenhub komitmen kembangkan kualitas SDM bidang transportasi darat

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2023