Kami enggak masang target ya, tapi kita coba pendekatannya ke behaviour masyarakat.
Bandung (ANTARA) - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menyebut bahwa pemerintah tidak menargetkan jumlah penjualan mobil listrik termasuk tahun 2023 ini, tapi lebih mengarahkan pada pembiasaan masyarakat.

Menurut Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika Kemenperin Taufiek Bawazier, jika dilihat dari pertumbuhan sejak dikeluarkan kebijakan bea balik nama (BBN) nol persen bagi kendaraan listrik mulai awal tahun 2023 (Mei), terdapat kenaikan signifikan.

"Kami enggak masang target ya, tapi kita coba pendekatannya ke behaviour masyarakat, kalau lihat pertumbuhan sejak kebijakan BBN gitu ada kenaikan sekitar 4.000 sekian. Jadi saya kira ekspektasi masyarakat ya," kata Taufiek pada acara pameran GIIAS 2023 Bandung, Jawa Barat, Rabu.

Dari kebiasaan yang ada saat ini, kata Taufiek, masyarakat yang membeli kendaraan listrik bukan menjadikan kendaraan listrik sebagai kendaraan utama tapi kedua dan seterusnya, dengan semangat untuk mencoba dan merasakan kendaraan listrik baik mobil maupun sepeda motor.

"Awal kita berharap masyarakat banyak yang beli, tapi realitanya sekarang masyarakat juga mau mencoba. Termasuk ketika sekarang ada aturan satu NIK satu kendaraan listrik (mendapat insentif) itu tumbuhnya luar biasa, bahkan sepeda motor penjualan sampai Oktober 2023 sudah sekitar 12 ribu unit," katanya lagi.

Hingga saat ini, kata Taufiek, untuk mobil listrik yang ikut dalam kebijakan BBN nol persen baru dua merek yakni Hyundai dan Wuling yang memberi efek cukup signifikan pada peningkatan penjualan sampai 126 persen dibanding sebelum adanya insentif.

"Sebenarnya ini kembali pada masyarakat, saya melihat kalau minat beli masyarakat 62 persen di harga Rp300 juta. Jadi dua merek ini masuk segmen itu dan mendapatkan manfaat dari kebijakan tersebut," katanya pula.

Karenanya, dia berharap merek-merek lainnya muncul dan mengisi pasar tersebut untuk turut menyukseskan peta jalan yang disusun oleh pemerintah terkait ekosistem kendaraan listrik pada tahun 2025.

"Target pemerintah kan dalam road map itu paling tidak 20 persen kendaraan listrik dari seluruh kendaraan pada 2025. Tujuannya jelas mengurangi emisi karbon," ujarnya lagi.
Baca juga: Jawab kebutuhan pelanggan, Suzuki boyong hybrid di GIIAS Semarang 2023
Baca juga: GIIAS 2023 hadir perdana di Kota Bandung diikuti 18 pabrikan

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023