Bandung merupakan salah satu potensi untuk pengembangan industri kendaraan bermotor....
Kota Bandung (ANTARA) - Pameran Otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 untuk pertama kali hadir di Kota Bandung, Jawa Barat, pada 22-26 November 2023, dengan menargetkan transaksi mencapai Rp1 triliun.

“Untuk target transaksi dari Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Jawa Barat tadi dikatakan minimum Rp1 triliun selama GIIAS Bandung,” kata Ketua Umum Gaikindo, Yohanes Nangoi di Bandung, Rabu.

Menurut dia, Jawa Barat memiliki posisi penting dalam industri otomotif nasional, tercatat sebesar 15,6 persen pangsa pasar kendaraan bermotor nasional berasal dari tersebut dan menempati posisi ke-dua nasional dalam periode Januari-Agustus 2023.

“Bandung merupakan salah satu potensi untuk pengembangan industri kendaraan bermotor. Berdasarkan data Gaikindo, Jawa Barat menduduki posisi ke-dua secara nasional penjualan kendaraan bermotor di Indonesia, dan Kami bersyukur dapat menyelenggarakan pameran GIIAS The Series di Bandung,” katanya.

Baca juga: Kemenperin sebut pemerintah tidak menargetkan penjualan mobil listrik

Yohanes menyebut Pameran GIIAS Bandung akan menampilkan produk-produk dan teknologi terbaru. Bahkan mobil listrik pun akan ditampilkan dalam gelaran tersebut.

"Pameran GIIAS Bandung menghadirkan 18 brand yang akan tampil, selain kendaraan konvensional akan hadir juga kendaraan-kendaraan listrik. Selain itu akan ada juga brand-brand dari kendaraan roda dua,” kata dia.

Dari 18 merek kendaraan bermotor, kata dia, 15 merek di antaranya kendaraan penumpang, yakni Audi, Chery, Daihatsu, DFSK, Honda, Hyundai, KIA, Lexus, Mazda, Mitshubushi Motors, Seres, Suzuki, Toyota, Volkswagen dan Wuling.

Ada tiga merek sepeda motor, yakni Benelli, Keeway dan Royal Enfield, serta berbagai industri pendukung otomotif yang turut hadir dalam penyelenggaraan GIIAS Bandung.

Sementara itu, Kepala Bapenda Jabar Dedi Taufik mengatakan gelaran GIIAS pertama kalinya di Bandung ini dapat menjadi momentum untuk meningkatkan penguatan sistem ekosistem industri otomotif di Jawa Barat

“Jadi saya pikir  di GIIAS yang pertama kali hadir di Bandung ini masyarakat wajib untuk datang, karena pesta diskon nya juga pasti banyak,” kata Dedi.

Baca juga: Daihatsu sedang siapkan pabrik untuk produksi mobil listrik dan hybrid

Dia berharap pameran GIIAS 2023 Bandung dapat meningkatkan pendapatan daerah. Selain itu, Pemprov Jabar juga akan memberikan sejumlah penawaran menarik bagi para pengunjung selama gelaran tersebut berlangsung.

"Ada diskon sebagian Pokok Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor atas penyerahan pertama sebesar 10 persen untuk transaksi yang dilakukan pada acara GIIAS Bandung," katanya.

Pengunjung bisa membeli tiket secara online dengan harga Rp15.000 pada Rabu-Jumat (22-24/11), dan Rp25.00 pada Sabtu-Minggu (25-26/11).

Selain itu, pengunjung dapat juga membeli tiket di arena pameran yakni di Sudirman Grand Ballroom Bandung dengan harga Rp20.000 pada Rabu-Jumat (22-24/11), dan Rp30.000 pada Sabtu-Minggu (25-26/11).

Pewarta: Rubby Jovan Primananda
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023