Bandung (ANTARA) -
Pabrikan mobil Wuling yang mengikuti program pemerintah dalam insentif penjualan mobil listrik subsidi biaya balik nama (BBN) nol persen dengan berhasil menjual ribuan unit, menghadirkan produk barunya bernama Binguo EV dalam pameran GIIAS Bandung 2023.

Namun, PR Manager Wuling Motors Brian Gomgom mengatakan produk ini belum dipastikan akan masuk skema yang sama seperti produk mobil listrik mereka sebelumnya yakni Air EV.

"Jadi program subsidi mobil Wuling Binguo EV ini akan diumumkan saat peluncuran nanti, dan untuk sekarang Wuling Air EV sudah mengikuti program subsidi dari pemerintah," kata Brian di lokasi pameran.

Dengan adanya program subsidi dari pemerintah, Brian mengatakan penjualan mobil Air EV dari setiap serinya selama periode Januari sampai Oktober 2023 mencapai 6.300 unit secara nasional, dan sejak awal peluncurannya di Indonesia pada 2022, telah terjual sekitar 12.000 unit secara nasional.

Di Jawa Barat sendiri, lanjut dia, penjualan mobil jenis yang sama retail sales-nya 2.694 unit, dan Bandung itu 824 unit untuk periode Januari sampai Oktober 2023.

"Bisa dikatakan di Bandung sendiri itu sampai 40 persen kontribusi penjualannya ke Wuling. Hal ini bisa terjadi karena ada juga dorongan insentif dari pemerintah agar berubah ke mobil listrik selain cost ownership yang dikeluarkan lebih murah dari mobil konvensional," ujar dia lagi.

Dia menyebut, meski dengan kesuksesan Air EV, dia menyebut dalam tahun 2023 ini dengan melibatkan Binguo EV di berbagai gelaran pameran mobil termasuk di GIIAS Bandung, pihaknya belum berpikiran memasukannya dalam skema subsidi pemerintah.

Di GIIAS Bandung 2023 ini, kata dia, targetnya adalah masyarakat bisa melihat si Binguo EV ini secara interior, eksterior dan fitur-fiturnya serta tertarik untuk memesan, sehingga melengkapi koleksi mobil listrik Wuling dengan jarak tempuh 200-300 km oleh Air EV dan jarak 300-400 km oleh Binguo EV.

"Di GIIAS Bandung 2023 ini sebenarnya kita pengen lihat antusiasme Binguo EV ini di Bandung, karena setelah 16 November di Tangerang dipamerkan, orang-orang tertarik. Nah ini pertama kalinya kita di Bandung. Kita tidak pasang target di GIIAS Bandung 2023 ini, tapi kalau mau EV kita punya dua model, mau hybrid kita ada dan kalau mau bensin kita juga punya, jadi semua varian ada," ujarnya pula.

Berdasarkan keterangan Wuling dari tampilan eksterior Binguo EV memiliki desain ikonik, diperkuat dengan visual yang timeless. Di bagian depan terdapat X-Shaped LED Headlamp dan Diamond Corrugated Grille.

Binguo EV mengaplikasikan Flowing Water Body Curve di bagian samping dan Water Splash Wheel Cap untuk menciptakan tampilan elegan dengan kesan unik. Pada bagian belakang, Binguo EV dilengkapi dengan X-Shaped LED Tail Lights dan Streamline Ducktail untuk menunjukkan gaya modern dan futuristik.

Untuk interior, Binguo EV menawarkan kabin luas dengan jok perforated synthetic leather bagi kenyamanan penumpang dan pengemudi, selain itu, Binguo EV juga dilengkapi dengan 15 kompartemen dan bagasi dengan luas yang bisa dimanfaatkan untuk menyimpan barang bawaan.

Fitur penunjang kenyamanan berkendara lainnya juga dihadirkan dalam Binguo EV, di mana pengemudi dapat melakukan pengaturan posisi duduk dengan lebih mudah melalui fitur Electric Seat Adjustment.

Pada bagian dashboard, terdapat Multifunction Steering Wheel dilengkapi tombol pengoperasian audio dan pengaturan menu. Rotary Gear Selector juga dihadirkan di Binguo EV sebagai pengoperasi transmisi dengan knop putar futuristik.

Selain itu, konsol tengah kendaraan juga dilengkapi dengan tombol Electric Parking Brake dan Auto-Vehicle Holding. Dan untuk sistem hiburan diintegrasikan dengan 10.25" head unit.
Baca juga: Cherry menargetkan 60 unit terjual selama GIIAS 2023 Bandung
Baca juga: Bawa lini hybrid, Suzuki sapa warga Jawa Barat di GIIAS Bandung 2023

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023