Jakarta (ANTARA) - Women Half Marathon (WHM) Jakarta yang akan bergulir di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) pada 28 April 2024 menjadi wadah pemberdayaan perempuan melalui olahraga lari.

Lebih dari sekedar perlombaan, Penyelenggara WHM Jakarta Dicky Sukmana mengatakan ajang ini didedikasikan untuk merangkul dan merayakan para pelari perempuan Indonesia dari berbagai latar belakang.

"Kami berharap WHM Jakarta dapat mengajak lebih banyak lagi perempuan Indonesia bergerak aktif dan menerapkan pola hidup sehat untuk tubuh dan mental yang kuat demi kesejahteraan yang lebih baik di masa depan," kata Dicky dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu.

WHM Jakarta, lanjut Dicky, berkomitmen menciptakan sebuah komunitas olahraga yang menghubungkan sesama pelari perempuan untuk saling mendukung, menginspirasi dan membangkitkan semangat dalam setiap langkah menuju garis akhir.

Baca juga: Perhatikan pemenuhan gizi ini sebelum lari marathon

Dicky mengatakan WHM Jakarta terdaftar dalam agenda Atletik Dunia (WA) yang artinya ajang ini mengikuti standar internasional.

Pada edisi pertama, pendaftaran WHM Jakarta dibuka mulai 3 Desember 2023. Terdapat tiga kategori lomba yaitu 5 kilometer untuk umum dan remaja perempuan (dengan dua kelompok usia 12-14 tahun dan 15-17 tahun), 10 kilometer, dan half marathon.

Sebagai persiapan menjelang perlombaan, penyelenggara juga akan menggelar berbagai kegiatan dalam rangka Road to WHM Jakarta mulai Januari 2024 dengan tujuan membantu peserta mempersiapkan diri secara fisik, mental, dan emosional.

"Olahraga menjadi tren yang tak terpisahkan dari masyarakat. Lewat kehadiran WHM Jakarta, mari bersama-sama mewujudkan Indonesia yang sehat," kata Dicky.

Pemilihan TMII sebagai lokasi lomba karena memiliki fasilitas yang memadai. Selain itu, dengan luas sekitar 150 hektar, TMII memiliki konsep eco-park dengan kawasan ruang terbuka hijau hingga 70 persen.

TMII dengan wajah baru tidak hanya sekadar menjadi destinasi wisata, tetapi juga bisa menjadi sarana edukasi yang memperkenalkan keragaman dan kekayaan budaya Indonesia bagi masyarakat, tamu negara, dan wisatawan mancanegara.

"Melalui WHM Jakarta di TMII, kami berharap para peserta dapat memiliki pengalaman lari yang berkesan dengan rute yang aman dan nyaman, serta dimanjakan dengan pemandangan indah dari berbagai wahana dan atraksi wisata menarik khas TMII," kata Presiden Direktur TMII Claudia Inkiriwang.

Baca juga: Women Half Marathon Jakarta siap rayakan pemberdayaan perempuan

Baca juga: Hidrasi dan mineral cukup penting saat lari marathon di cuaca panas

Baca juga: Tips lari yang baik

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023