Jakarta (ANTARA) - Ajang olahraga lari khusus perempuan Women Half Marathon (WHM) Jakarta akan menyapa masyarakat untuk pertama kalinya pada tanggal 28 April 2024 mendatang di Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Lebih dari sekadar perlombaan, WHM Jakarta didedikasikan untuk merangkul dan merayakan para perempuan pelari Indonesia dari berbagai latar belakang bertekad kuat mendorong kemampuan dan ketahanan demi mencapai hasil terbaik lewat kebersamaan dalam olahraga lari.

"Olahraga telah menjadi tren yang tak terpisahkan dari masyarakat. Banyak orang menyadari pentingnya menjaga daya tahan tubuh dengan melakukan olahraga secara rutin, termasuk mengikuti berbagai kompetisi olahraga seperti lari. Tetapi di tengah kurangnya keterwakilan perempuan dalam ajang lomba lari maraton konvensional, WHM Jakarta hadir menjadi wadah yang merayakan dan mendukung para pelari perempuan," tutur Penyelenggara WHM Jakarta (PT Media Dunia Olah Raga) Dicky Sukmana dikutip dari keterangan resmi di Jakarta, Rabu.

Sebagai sebuah ajang lari bergengsi di tanah air, WHM Jakarta terdaftar dalam organisasi lari internasional World Athletic (WA) sehingga masuk dalam agenda lomba dunia dengan mengikuti standar internasional. Tak hanya itu, melalui penyelenggaraannya, WHM Jakarta juga berkomitmen menciptakan sebuah komunitas olahraga yang menghubungkan sesama pelari perempuan untuk saling mendukung, menginspirasi dan membangkitkan semangat dalam setiap langkah menuju garis akhir.

Baca juga: DKI Jakarta buka peluang jadi tuan rumah Half Marathon Asia 2024
 
(kiri ke kanan): atlet nasional Triyaningsih, Penyelenggara Women Half Marathon Jakarta Dicky Sukmana, dan President Director TMII Claudia Inkiriwang. (ANTARA/HO/WHM)


Pada kesempatan tersebut, atlet nasional serta Olympian pemegang 11 rekor nasional dan peraih 11 medali emas Triyaningsih membagikan kiat singkat untuk perempuan pelari dalam mempersiapkan diri menghadapi ajang unik ini.

"Pertegas dan perkuat motivasi. Hal ini dapat dilakukan dengan berkenalan dengan teman baru di weekly run yang diadakan oleh WHM Jakarta. Kemudian persiapkan fisik secara tepat dengan perhatikan asupan nutrisi serta cek dan monitor kesehatan. Pilih pakaian dan sepatu yang tepat. Lalu, tentu saja, kita perlu nikmati proses," terang Triyaningsih.

Sementara itu, President Director TMII Claudia Inkiriwang menegaskan komitmen pihaknya untuk menjadi tempat ideal penyelenggaraan WHM Jakarta kali ini.

"Kami berharap para peserta dapat memiliki pengalaman lari yang berkesan dengan rute yang aman dan nyaman, serta dimanjakan dengan pemandangan indah dari berbagai wahana dan atraksi wisata menarik khas TMII, termasuk ragam anjungan daerah dari Sabang hingga Merauke, taman satwa, hingga Danau Archipelago," papar Claudia.

Pendaftaran WHM Jakarta akan dibuka bagi seluruh peserta perempuan nasional mulai tanggal 3 Desember 2023 melalui laman www.womenhalfmarathon.id. Sebanyak tiga kategori yang akan diperlombakan yaitu 5 kilometer untuk umum dan remaja perempuan dengan dua kelompok usia 12-14 tahun dan 15-17 tahun, serta 10 kilometer dan 21,0975 kilometer (half marathon).

Baca juga: Himpunan alumni gelar IPB Run II Half Marathon ajak hidup sehat
Tiga model jersey Women Half Marathon (WHM) Jakarta. (ANTARA/HO/WHM)


Harga slot WHM Jakarta untuk kategori 5 kilometer sebesar Rp350 ribu, sedangkan 10 kilometer Rp375 ribu, dan half marathon adalah Rp450 ribu. Sementara untuk race package collection akan digelar pada tanggal 26-27 April 2024 di Urban Forest Cipete, Jakarta dengan menyuguhkan beragam rangkaian acara menarik, seperti pertunjukan musik, pos relaksasi dan perawatan diri, serta pameran perlengkapan lari, seperti pakaian, sepatu, hingga berbagai aksesori yang disesuaikan dengan kebutuhan perempuan pelari.

Sebagai lomba lari half marathon, penyelenggaraan perdana WHM Jakarta kali ini serta pada tahun yang akan datang juga diharapkan mampu mendukung upaya pemerintah dalam mendongkrak pertumbuhan atletik wanita nasional untuk menemukan talenta terbaik dan atlet-atlet unggul dari dalam negeri yang nantinya dapat bersaing di kancah internasional.

"Mari bersama-sama mewujudkan Indonesia yang sehat dengan merangkul dan mendukung lebih banyak lagi perempuan pelari dalam menunjukkan kemampuan, ketahanan, tekad kuat dalam mencetak prestasi serta meraih personal best melalui olahraga lari. Bagi para peserta, jangan lupa melakukan persiapan sebaik mungkin dengan mengikuti program latihan yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing dan sampai bertemu tahun depan di WHM Jakarta," tutup Dicky.

Baca juga: Triyaningsih dorong atlet junior lampaui rekor lari marathonnya

Pewarta: Ahmad Faishal Adnan
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023