Tokyo (ANTARA) - Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang Heri Akhmadi pada Minggu (3/4) di Tokyo menyaksikan langsung ajang lari dunia Tokyo Marathon 2024 untuk menyemangati para pelari asal Indonesia.

Menurut Heri, semangat pantang menyerah para pelari Indonesia ini sebagai cerminan semangat mental bangsa Indonesia yang kuat.

“Tadi, saya dan Tim KBRI Tokyo sempat menyemangati langsung sejumlah pelari Indonesia, termasuk Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno yang turut lari dalam Tokyo Marathon 2024 ini. Saya kagum dengan semangat dan kegigihan para pelari Indonesia. Ini adalah refleksi dari semangat dan keteguhan mental bangsa Indonesia,” ujar Heri.

Sambil meneriakkan kalimat “Ganbare Indonesia” atau “Semangat Indonesia” sembari memegang bendera merah putih, Heri beserta Tim KBRI Tokyo dan sejumlah WNI menyemangati para peserta Tokyo Marathon 2024.

“Acara ini menjadi momentum yang luar biasa untuk memperkuat hubungan antara Indonesia dan Jepang melalui semangat olahraga dan gaya hidup sehat. Saya yakin teman-teman peserta telah mempersiapkan diri dalam menghadapi tantangan di Tokyo Marathon 2024 ini,” katanya.

Dia berharap semuanya bisa meraih hasil terbaik yang diinginkan dan membawa harum nama Indonesia.

Tokyo Marathon 2024 ini diikuti oleh lebih dari 38.000 peserta dengan 200 pelari asal Indonesia, di antaranya atlet nasional Robby Sianturi serta dua anggota Asics Running Club Indonesia yakni Teguh Martyan dan Mahful.

Selain itu terdapat selebritas Yura Yunita, Raffi Ahmad dan Yuki Kato yang juga turut dalam Tokyo Marathon 2024 dalam Tim Born To Sweat.

Sebelumnya pada Jumat (1/3) Heri hadir dan memberikan sambutan dalam Pocari Sweat Carbo Loading Tokyo Marathon 2024.

Carbo Loading atau Carbohydrate Loading adalah peningkatan asupan karbohidrat bagi para pelari guna menaikkan kadar glikogen dalam otot sebelum melakukan lari jarak jauh seperti lari maraton

Hadir dalam kegiatan tersebut Presiden Direktur PT Amerta Indah Otsuka Yoshihiro Bando dan para pelari dari Tim Pocari Sweat.

Selain menyemangati para pelari Indonesia, Heri berpesan agar Tokyo Marathon ini dapat dimanfaatkan juga untuk dijadikan tolok ukur penyelenggaraan ajang lari internasional di Indonesia.

Baca juga: Tokyo Marathon ajang pererat hubungan Indonesia-Jepang
Baca juga: Pelari Indonesia siap kerahkan kemampuan di Tokyo Marathon 2023
Baca juga: Dubes Heri Akhmadi sambut pelari Indonesia untuk Tokyo Marathon 2023


Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2024