Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) mengalokasikan Rp10,9 miliar untuk memajukan sektor pertanian di wilayah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim).

"Dalam pengembangan sektor pertanian, pemprov telah menyiapkan berbagai sarana prasarana, di antaranya bantuan alat mesin pertanian, infrastruktur dan penunjang lainnya," kata Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo dihubungi dari Palangka Raya, Kamis.

Pengembangan pertanian di Kalteng tak hanya berfokus pada kawasan Food Estate di Kabupaten Pulang Pisau dan Kapuas, namun juga kabupaten lain yang memiliki sektor pertanian begitu potensial.

Salah satunya adalah Kabupaten Kotawaringin Timur. Adapun tepatnya Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur menerima bantuan hibah dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah senilai Rp10.982.374.000 yang ditujukan untuk pengembangan sektor pertanian.

Baca juga: BI Kalteng lakukan percontohan digitalisasi pertanian cabai rawit

Bupati Kotim Halikinnor menyampaikan, bantuan hibah tersebut diserahkan secara simbolis oleh Wakil Gubernur saat Pekan Daerah (Peda) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) XIII Tingkat Provinsi di Desa Natai Sedawak, Kabupaten Sukamara.

Hibah tersebut terbagi dalam beberapa jenis bantuan yakni tanaman pangan berupa benih padi senilai Rp1.097.075.000, hortikultura untuk perwujudan kampung durian Rp190.000.000.

Selanjutnya, peternakan Rp4.455.000.000 dan pabrik pakan Rp4.795.000.000, serta alat mesin pertanian berupa Combine Harvester (mesin panen kombinasi), perontok gabah, dan UPH porang Rp445.299.000.

Halikinnor menyampaikan, bantuan hibah ini tentunya sangat berarti dalam mendukung kemajuan sektor pertanian di Kotawaringin Timur.

Dengan dukungan dari Pemerintah Provinsi diharap dapat mempercepat upaya Pemkab Kotawaringin Timur dalam mewujudkan ketahanan pangan di Bumi Habaring Hurung.

Baca juga: Anggota DPD RI sebut proyek food estate di Kalteng harus berlanjut

“Saya berterima kasih sekali ke Gubernur atas bantuan ini. Apalagi, informasinya tahun depan lebih banyak lagi alokasi anggaran dari provinsi untuk Kotim, harapan kita ke depannya Kotim semakin maju,” ujarnya

Ia menyebutkan, salah satu yang paling ditunggu-tunggu adalah pabrik pakan ternak yang merupakan program dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah berlokasi di Kotim, tepatnya Desa Bukit Harapan, Kecamatan Parenggean.

Halikinnor berharap pabrik pakan ternak yang kabarnya telah berjalan 80 persen tersebut bisa segera dioperasikan, sehingga bisa membantu para peternak lokal yang selama ini dihadapkan dengan kendala mahalnya harga pakan di pasaran yang membuat mereka sulit bersaing dengan peternak dari luar daerah.

Contohnya, peternak ayam, di mana peternak dari Banjarmasin berani memberikan harga lebih murah, sehingga bisa lebih kompetitif di pasaran. Sedangkan, petani Kotim sulit untuk menyaingi itu dikarenakan harga pakan yang mahal, sehingga mereka harus menyesuaikan harga ayam atau daging yang dijual ke pengepul atau masyarakat.

“Kalau pabrik pakan ternak itu sudah operasional maka harapan kita keluhan peternak kita selama ini akan teratasi,” demikian Halikinnor.

Pewarta: Muhammad Arif Hidayat/Norjani
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023