Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita  keamanan dan kriminalitas  terjadi di DKI Jakarta pada Kamis (23/11)  mulai dari Ketua KPK Firli Bahuri ditetapkan sebagai tersangka hingga pengungkapan  kematian anak Pamen TNI-AU yang disebut polisi tidak ada unsur pidana.

Berikut rangkuman berita kemarin yang masih disimak menemani aktivitas pembaca pada Jumat:

Polisi sita sejumlah bukti terkait kasus Firli Bahuri

Polisi menyita sejumlah barang bukti dalam kasus dugaan pemerasan oleh pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri terhadap mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Direktur Reserse Kriminal Khusus (Direskrimsus) Polda Metro Jaya Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak menyebutkan bahwa barang bukti yang disita berupa sejumlah handphone (HP), mobil, flashdisk dan barang bukti lainnya. Namun Ade tidak menjelaskan kepemilikan barang bukti tersebut.

Baca di sini

IPW: Penetapan Firli Bahuri sebagai tersangka dinilai sudah tepat

Indonesia Police Watch (IPW) menilai penetapan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri (FB) sebagai tersangka dalam kasus dugaan pemerasan oleh pimpinan lembaga anti rasuah itu terhadap mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL), sudah tepat.

"Penetapan itu sudah tepat karena penyidik Polda Metro Jaya sudah melalui serangkaian pemeriksaan, memeriksa saksi-saksi menyita alat bukti, memeriksa Firli sebagai saksi dan akhirnya melakukan gelar perkara," kata Ketua IPW, Sugeng Teguh Santoso di Jakarta, Kamis.

Selain itu, kata Sugeng, sebelumnya penyidik juga menggeledah rumah yang diduga sebagai tempat Firli bertemu dengan SYL.

Baca di sini

Anak Pamen TNI AU tusuk diri sendiri sebelum tewas terbakar

Kepolisian menyatakan tidak ada unsur pidana pada kasus anak Pamen TNI AU berinisial CHR (16) yang ditemukan tewas di Pos Spion Ujung Landasan 24 Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, pada Minggu (24/9).

Berdasarkan hasil penyelidikan, Kepolisian menyimpulkan bahwa korban menusuk diri sendiri sebelum tewas terbakar.

"Terkait dengan apakah menusuk sendiri dan lain-lain, betul, jadi semua alat bukti yang ada di TKP itu menguatkan peristiwa tersebut," kata Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Pol Leonardus Simarmata saat jumpa pers di Mapolres Metro Jakarta Timur, Jatinegara, Kamis.

Baca di sini

TNI-Polri "ngopi bareng" perkuat soliditas hadapi pemilu

Personel TNI dan Polri yang bertugas di Cengkareng, Jakarta Barat, mengadakan kegiatan "ngopi bareng" untuk memperkuat soliditas menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di wilayah tersebut.

"TNI-Polri adalah benteng NKRI. Kita Harus solid dan bersinergi dalam menjaga keamanan dan ketertiban di masyarakat," ujar Kapolsek Cengkareng Kompol Hasoloan Situmorang dalam keterangan di Jakarta pada Kamis.

Salah satu fokus utama kegiatan tersebut, kata Hasoloan, adalah mencegah penyebaran ujaran kebencian, berita bohong dan fitnah yang dapat mengancam stabilitas keamanan.

Baca di sini
 

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023