New York (ANTARA) - Warga New York City berbondong-bondong turun ke jalan-jalan di Manhattan untuk menyaksikan Parade Hari Thanksgiving Macy's ke-97 pada Kamis (23/11) pagi waktu setempat saat cuaca cerah dan sejuk.

Pada momen liburan untuk acara kumpul keluarga, rasa syukur, dan relaksasi, pihak penyelenggara memperpanjang durasi parade itu selama setengah jam untuk memberikan lebih banyak hiburan kepada para penonton.

Acara tersebut menampilkan balon-balon berbentuk karakter, kendaraan hias, marching band, kelompok pertunjukan, badut, dan bintang musik, serta ditayangkan di beberapa saluran televisi di Amerika Serikat (AS).
 
 Para pemain menghadiri Parade Hari Thanksgiving Macy 2023 di New York, Amerika Serikat, pada 23 November 2023. (Xinhua/Li Rui)


Namun, parade tersebut sempat diwarnai oleh sejumlah orang yang memprotes perang Israel di Gaza. Para pengunjuk rasa membawa spanduk bertuliskan "Genosida dulu-Genosida sekarang."

Sekelompok pengunjuk rasa lainnya yang mengenakan jumpsuit putih mengikat tangan mereka di 6th Avenue dan menyerukan "Pembebasan untuk Palestina dan Bumi."

Akibatnya, parade itu terpaksa dialihkan dan beberapa pengunjuk rasa diborgol.

Eskalasi konflik Israel-Hamas di Gaza sejak 7 Oktober telah meningkatkan ketegangan rasial di AS dan memicu banyak protes di seluruh negara itu. 

Pewarta: Xinhua
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023