Caracas (ANTARA News) - Venezuela Jumat waktu setempat menunjuk seorang perempuan laksamana yang menjadi pembantu dekat Hugo Chavez sebagai perempuan pertama menteri pertahanan negeri itu.

Menurut Reuters, dia dilantik dalam satu upacara di museum militer yang menjadi tempat peristirahatan terakhir mendiang pemimpin sosialis itu.

Carmen Melendez, yang tahun lalu menjadi laksamana wanita pertama negara Amerika Selatan itu mengambilalih kementerian pertahanan dari Diego Molero. Sampai Jumat, dia menjabat menteri pada kantor presiden.

"Di sini, di mana mendiang komandan kita dipusarakan, saya memutuskan untuk menunjuk komando tinggi militer baru," kata Presiden Nicolas Maduro dalam pidato yang disiarkan langsung semua jaringan TV lokal.

"Saya sudah memutuskan untuk menunjuk seorang wanita untuk memimpin kementerian pertahanan untuk pertama kalinya: Carmen Melendez, prajurit dari tanah air ini."

Maduro menang tipis dalam pemilihan presiden pada April setelah mentornya Chavez meninggal dunia setelah selama dua tahun berjuang melawan penyakit kankernya.

Perombakan angkatan bersenjata sudah lama diperkirakan karena Maduro ingin mengkonsolidasikan posisinya di puncak koalisi kiri yang dibangun Chavez yang terdiri dari para perwira militer dan ideolog sosialis sampai pengusaha dan militan bersenjata.

Melendez memainkan peran penting dalam pemerintahan Chavez, demikian Reuters.

Penerjemah: Askan Krisna

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013