sedikit bantuan dari kita sungguh sangat amat berarti bagi mereka
Kota Bandung (ANTARA) - Pemerintah Kota (Bandung) menggelar acara doa bersama tokoh lintas agama sebagai wujud rasa solidaritas bangsa Indonesia kepada rakyat Palestina yang saat ini sedang digempur oleh pasukan Zionis Israel.

“Kalimat free Palestine kini berkumandang di seluruh penjuru dunia, Kota Bandung yang mendapat julukan Ibu Kota Asia Afrika pun telah menyuarakan dukungan itu sejak lama dan tidak pernah lelah mendorong kemerdekaan Palestina,” kata Penjabat Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono di Plaza Balai Kota, Bandung, Jumat.

Bambang mengatakan kegiatan doa bersama dengan tokoh agama Islam, Kristen Protestan, Katolik, Hindu, Budha dan Kong Hucu ini merupakan salah satu bentuk upaya pemerintah kota sebagai bentuk aksi solidaritas dan dukungan terhadap warga Palestina dengan tidak membeda-bedakan agama.

“Jadi hari ini kita seluruh warga Kota Bandung bersama tokoh lintas agama memberikan doa agar kedamaian di Palestina ini bisa terjadi, jadi bukan hanya saja di agama Islam tapi lintas agama,” katanya.

Baca juga: Seribuan orang di Bandung tuntut Israel hentikan serangan ke Palestina
Baca juga: Mahfud MD pimpin doa untuk warga Palestina di Ponpes Minggir Sleman

 

Lebih lanjut, ia mengapresiasi terhadap masyarakat yang menggelar istighatsah, Shalat Gaib, dan doa bersama sebagai bentuk solidaritas terhadap Palestina secara serentak di 30 kecamatan di Kota Bandung.

"Melalui doa-doa yang dipanjatkan untuk saudara kita di Palestina, semoga menjadi jembatan doa kepada Allah untuk senantiasa memberi perlindungan bagi mereka," kata dia.

Dia menyebutkan kepedulian masyarakat Kota Bandung kepada rakyat Palestina begitu besar, terlihat dengan antusiasme warga dalam pengumpulan donasi yang digagas oleh Pemkot Bandung.

Hingga saat ini pemerintah kota mencatat telah mengumpulkan sebanyak Rp426 juta donasi untuk rakyat Palestina yang berasal dari seluruh masyarakat Kota Bandung.

“Mari kita bantu saudara kita di Palestina dengan memberikan dukungan doa dan memberikan donasi bagi mereka, sedikit bantuan dari kita sungguh sangat amat berarti bagi mereka,” kata Bambang.

Baca juga: Menag terbitkan edaran aksi solidaritas-doa bersama untuk Palestina
Baca juga: Ditjen Bimas Kristen gelar doa bersama untuk solidaritas korban perang


Pada kesempatan yang sama, Kepala Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Bandung, Akhmad Rozikin mengajak semua pihak di Kota Bandung untuj menyisihkan rezekinya untuk saudara-saudara di Palestina.

"Penggalangan donasi hingga 15 Desember 2023. Nanti pemerintah akan mengeluarkan edaran. Ini sifatnya imbauan, jadi untuk mengasah empati kita terhadap saudara-saudara di Palestina," ujar Rozikin.

Terkait teknis penyaluran donasi, setelah donasi terkumpul, nantinya donasi tersebut akan diserahkan kepada Baznas RI kemudian disalurkan oleh Baznas RI kepada pihak penerima manfaat di Palestina

Adapun bagi masyarakat yang ingin berdonasi dapat menyalurkannya melalui Baznas Kota Bandung dengan nomor rekening BSI 644.666.6606 atas nama Baznas Kota Bandung.

Baca juga: Gubernur Kepri bersama ribuan warga berdoa untuk rakyat Palestina
Baca juga: 1.000 anak yatim Palembang gelar doa bersama untuk rakyat Palestina 
Baca juga: Umat Buddha melakukan doa perdamaian Palestina di Borobudur


Pewarta: Rubby Jovan Primananda
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023