Sumatera Selatan merupakan provinsi dengan angka kebutaan tertinggi ketiga di Indonesia setelah Jawa Timur dan Nusa Tenggara Barat
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Sosial (Kemensos) melaksanakan operasi katarak secara gratis guna mencegah masyarakat di Sumatera Selatan, menjadi tuna netra di RSUP Mohammad Hoesin, Palembang.

Menteri Sosial Tri Rismaharini dalam keterangan tertulis diterima di Jakarta, Jumat, menyebut pihaknya telah menerima 101 pasien yang turut mengikuti kegiatan operasi katarak pada hari Jumat hingga Sabtu 24-25 November 2023.

Baca juga: Duta Bahasa uji coba tes kemahiran bahasa Indonesia siswa tuna rungu

Menurut dia, Sumatera Selatan merupakan provinsi dengan angka kebutaan tertinggi ketiga di Indonesia setelah Jawa Timur dan Nusa Tenggara Barat.

“Kegiatan pada hari ini kurang lebih ada 101 pasien. Diadakan 2 hari operasi, dan minggu depan ini juga ada inisiatif dari dari Perdami untuk kegiatan ini karena memang cukup tinggi di Sumatera Selatan," kata Mensos.

Sejalan dengan operasi katarak ini, Mensos menyebut tugas prioritas Kemensos adalah melakukam penanganan untuk mencegah masyarakat menjadi tunanetra atau artinya menjadi disabilitas. Sebab, hal itu juga merupakan kerugian negara jika mereka mengalami kebutaan.

Baca juga: KPU DKI siapkan surat suara braille bagi tuna netra pada Pemilu 2024

“Jadi karena kemudian mereka tidak produktif (karena kebutaan) lalu kemudian keluarganya juga harus menunggui untuk membantunya sehingga keluarganya pun (ikut) tidak produktif. sehingga hal Itu yang dianggap kerugian negara dan itu ada hitungannya sampai sekian triliun. Karena itu kenapa kita (kemensos) harus lakukan ini (operasi katarak) cepat untuk jangan sampai terlambat," ujarnya.

Saat berdialog dengan para peserta, banyak di antara mereka yang menginginkan agar operasi katarak bisa berlanjut. Untuk itu, Mensos berjanji akan melakukan program operasi katarak secara gratis untuk seluruh indonesia bulan depan.

Kegiatan operasi katarak Kemensos RI bekerja sama dengan Persatuan Dokter Mata Indonesia (Perdami). Sebagai informasi, operasi katarak gratis ini diselenggarakan oleh Kemensos bekerja sama dengan berbagai pihak, terutama Persatuan Dokter Mata Indonesia (Perdami), RSUP Mohammad Hoesin, serta lembaga sosial seperti YPP SCTV Indosiar.

Baca juga: Mensos bantu mahasiswa disabilitas netra periksa kesehatan

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023