Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita seputar DKI Jakarta pada Jumat (24/11) masih layak untuk disimak hari ini, antara lain persiapan KPU DKI untuk Pemilu 2024, mitigasi bencana jelang puncak musim hujan hingga sejumlah wilayah Ibu Kota tergenang seusai hujan lebat pada Jumat petang.

Berikut ulasan selengkapnya:

Kemenkumham-KPU DKI bahas Pemilu 2024 untuk warga pemasyarakatan

Kantor Wilayah Kemenkumham dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta membahas teknis pemungutan suara pada Pemilu 2024, khususnya terkait pemilih warga binaan pemasyarakatan (WBP) di lembaga pemasyarakatan (lapas) dan rumah tahanan (rutan).

"Ini kita bahas karena menjadi pemilih dalam pemilu merupakan hak seluruh warga negara Indonesia, termasuk WBP di lapas dan rutan,” kata Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta, Ibnu Chuldun usai menyambut kedatangan anggota KPU DKI beserta jajarannya di Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta, Jumat.

Baca di sini


KPU DKI pastikan warga disabilitas nyaman saat memilih di TPS

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi DKI Jakarta memastikan warga penyandang disabilitas di Jakarta dapat menggunakan hak pilihnya dengan nyaman seperti warga lainnya pada saat Pemilu 2024.

Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat KPU Provinsi DKI Jakarta Astri Megatari di Jakarta, Jumat, mengatakan untuk mewujudkan hal itu, pihaknya mengumpulkan data lokasi tempat pemungutan suara (TPS) mana saja yang dalam daftar pemilihnya terdapat penyandang disabilitas.

Baca di sini


Heru minta peralatan kebencanaan disiapkan hadapi puncak musim hujan

Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meminta kepada jajarannya untuk mempersiapkan peralatan kebencanaan berikut menyiagakan personel untuk mengantisipasi bencana saat puncak musim hujan pada Februari 2024.

"Saya minta kepada seluruh yang bergerak di bidang relawan maupun yang tergabung di dalam kesiapsiagaan bencana, bahwa bulan Februari akan ada hujan ataupun sesuatu hal yang patut kita waspadai hasil informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG)," kata Heru di Pintu Air Malaka Sari, Kanal Banjir Timur (KBT), Duren Sawit, Jakarta Timur, Jumat.

Baca di sini


Legislator apresiasi jajaran Heru mampu selesaikan aduan masyarakat

Anggota Komisi DPRD DKI Jakarta William A. Sarana mengapresiasi gerak cepat jajaran Penjabat Gubernur DKI Heru Budi Hartono karena mampu menyelesaikan aduan masyarakat dari berbagai kanal sesuai target.

"Saya mengapresiasi kerja cepat Pemerintah Provinsi DKI dalam hal menindaklanjuti aduan warga serta menyelesaikannya," kata William kepada wartawan di Jakarta, Jumat.

William menuturkan aduan warga dari berbagai kanal aduan itu sudah mencapai 96 persen dari target yang ditetapkan.

Baca di sini


Sejumlah wilayah Jakarta tergenang akibat hujan lebat

Beberapa wilayah Jakarta tergenang akibat hujan dengan intensitas sedang hingga lebat pada Jumat (24/11) malam.

"Genangan terjadi di empat RT atau 0,013 persen dari 30.772 RT yang ada di wilayah DKI Jakarta," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta Isnawa Aji kepada wartawan, Jumat.

Di Jakarta Barat, genangan air setinggi 30-70 sentimeter merendam dua RT di Kelurahan Sukabumi Selatan. Genangan tersebut karena curah hujan tinggi dan luapan Kali Pesanggrahan.

Baca di sini
 

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023